Find Us On Social Media :

Jadi Perempuan Pertama yang Jabat Ketua DPR, Puan Maharani Teruskan Tradisi 'Serba Pertama' Trah Politik Soekarno

By Mentari DP, Rabu, 2 Oktober 2019 | 09:45 WIB

Puan Maharani teruskan tradisi serba pertama trah politik Soekarno.

Intisari-Online.com – Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani resmi dilantik sebagai Ketua DPR yang baru untuk masa bakti 2019-2024 pada Selasa (1/10/2019) malam di Senayan.

Pemilihan dan penetapan Puan sebagai Ketua DPR berbeda bila dibandingkan dengan pemilihan ketua DPR periode sebelumnya.

Bila pada periode sebelumnya pimpinan DPR dipilih dengan mekanisme paket oleh seluruh anggota DPR melalui voting, kini Puan bisa terpilih karena partainya menjadi pemenang Pemilu 2019.

Menurut Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang sudah direvisi, pimpinan DPR berjumlah lima orang berasal dari partai politik peringkat lima besar dalam Pemilu 2019.

Baca Juga: BERITA POPULAR: Kim Jong Un Eksekusi Jenderalnya ke Tangki Berisi Ratusan Piranha Hingga Kekayaan Krisdayanti Ditaksir Capai Rp271 Miliar

Karena itu, ketua dan wakil ketua DPR ditentukan secara internal oleh lima fraksi yang memiliki kursi terbanyak, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai NasDem.

Puan akan memimpin DPR bersama empat wakil ketua, yaitu Aziz Syamsudin dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB, dan Rahmat Gobel dari Fraksi Partai NasDem.

Serba pertama

Penetapan Puan sebagai Ketua DPR tersebut sekaligus menjadi sejarah baru bagi lembaga legislatif Indonesia, yaitu untuk pertama kali seorang politikus perempuan menjabat sebagai Ketua DPR.

Hal itu seolah melanjutkan tradisi serba pertama dalam trah politik Soekarno.

Proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

Anak perempuan Soekarno, Megawati Sukarnoputri, menjadi presiden perempuan pertama Republik Indonesia.

Dan kini cucu Sukarno, anak perempuan Megawati, menjadi Ketua DPR perempuan pertama.

Baca Juga: Hewan Kesayangan Anda Mati? Jangan Sedih, Ada Cara Untuk Hidupkan Lagi Hewan Kesayangan Anda Loh, Ini Caranya