Find Us On Social Media :

Bisa Timbulkan Korban Jiwa hingga Ratusan Ribu Orang, Mengapa BMKG Justru Sebut Gempa Tidak Membunuh dan Melukai Manusia?

By Ade S, Selasa, 27 Agustus 2019 | 19:15 WIB

Gempa bumi Tohoku

Intisari-Online.com - Berbicara tentang gempa, terutama yang sangat besar, acap kali dikaitkan dengan munculnya korban jiwa.

Bahkan, korban jiwa yang ditimbulkan bisa mencapai ratusan ribu orang, seperti yang terjadi saat gempa di Aceh.

Namun, baru-baru ini, Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) justru menyebut bahwa gempa bumi tidak membunuh dan melukai manusia.

Mengapa bisa demikian?

Baca Juga: Salah Satu Alasan Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur Karena Minim Risiko Bencana Alam, Benarkah Pulau Kalimantan Aman dari Gempa Bumi?

Saban hari, gempa bumi menggoyang wilayah Indonesia.

Kemarin (26/8), misalnya, BMKG mencatat, terjadi lindu dengan magnitudo 4,9 yang getarannya terasa hingga Kabupaten Poso pada pukul 17.00 WITA.

 

Bicara Pulau Kalimantan, Mohammad Sadly, Deputi Geofisika BMKG menegaskan, relatif lebih aman secara seismik dibandingkan dengan pulau-pulau besar lain di Indonesia.

Meski demikian, saat ini BMKG bersama kementerian dan lembaga terkait sedang menyiapkan sistem monitoring gempa dan langkah-langkah mitigasi gempa dan tsunami yang lebih mumpuni.

Baca Juga: Gempa Kerap Guncang Indonesia, Apa yang Bisa Kita Lakukan? Yuk Simak!