Find Us On Social Media :

Ini 45 Universitas Negeri dan Swasta Terbaik Tahun 2019 Versi Kemenristekdikti

By Tatik Ariyani, Minggu, 18 Agustus 2019 | 08:15 WIB

Kemenristekdikti kembali mengumumkan klasterisasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia tahun 2019

Intisari-Online.com - Pada Jumat (16/8/2019) di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019.

Menurut Menteri Nasir, tujuan pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti adalah agar nantinya dapat membuat kebijakan yang ada di masing-masing perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi berkualitas.

“Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan," ungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi ( Menristekdikti) Mohamad Nasir yang mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019.

Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output - Outcome Base, meliputi:

Baca Juga: Ini Daftar 8 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Menurut Kemenristekdikti, Adakah Almamater Anda?

45 PTN dan PTS terbaik

Berikut daftar 45 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) terbaik yang telah diumumkan Kemenristekdikti:

1. Institut Teknologi Bandung (skor 3.671 - klaster 1)

2. Universitas Gadjah Mada (skor 3.594 - klaster 1)

Baca Juga: Penumpang Cemas Saat Kabin Pesawat Dipenuhi Kabut Tebal, Petugas Justru Buat Lelucon yang Membuat Orang Semakin Bingung