Find Us On Social Media :

Tidak Hanya Minyaknya, Daun Kayu Putih pun Bisa Meringankan Gejala Pilek dan Manfaat Kesehatan Lainnya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 Agustus 2019 | 06:30 WIB

Daun eucalyptus.

Intisari-Online.com – Eucalyptus atau kayu putih, yang minyaknya biasa kita pakai untuk menghangatkan tubuh, adalah bahan populer yang digunakan dalam sistem pengobatan kuno di seluruh dunia, terutama di China, India, Yunani, dan Eropa.

Daun pohon eucalyptus evergreen yang berasal dari Australia digunakan untuk mengobati beberapa kondisi karena sifat antioksidan dan antiseptiknya.

Menurut Medical News Today, ada lebih dari 400 spesies pohon eucalyptus. Tetapi daun yang secara botani diklasifikasikan sebagai Eucalyptus Globulus adalah sumber minyak kayu putih yang terkenal dan banyak dikonsumsi.

Daunnya baik untuk kesehatan keseluruhan karena mengandung flavonoid, kelompok fitonutrien terbesar yang diisi dengan antioksidan.

Baca Juga: Bukan Cuma untuk Hangatkan Badan, Inilah 11 Khasiat 'Ajaib' dari Minyak Kayu Putih

Daun kayu putih juga mengandung tanin, yang dikenal untuk kegiatan antimikroba.

Beberapa manfaat kesehatan utama yang disoroti oleh Healthline adalah sebagai berikut:

Antioksidan

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat daun kayu putih, bukan dalam bentuk minyak, adalah dengan memanfaatkan satu daun kering untuk menyiapkan teh.

Daun yang kaya akan flavonoid memiliki antioksidan yang mencegah stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas dari penumpukan dalam tubuh. Senyawa flavonoid yang ditemukan dalam daun adalah quercetin, phloretin, catechin, luteolin, dan kaempferol. Kesemuanya mencegah kanker, penyakit jantung dan demensia.

Baca Juga: Meski Digunakan Sejak Bayi, Ternyata Masih Ada 11 Manfaat Kayu Putih Ini yang Tak Banyak Diketahui