Find Us On Social Media :

LIPI Bikin Peta Rendaman Skala 1:10.000 Terkait Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 27 Juli 2019 | 08:30 WIB

 

Intisari-Online.com - Peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI tengah menyiapkan peta rendaman tsunami dengan skala 1:10.000.

Peta ini nantinya bisa menjadi acuan kuat dalam perencanaan tata ruang wilayah pesisir.

"Peta topografi yang paling detail di Indonesia skalanya baru 1:25.000 dan itu pun hanya melingkupi wilayah Jawa, skalanya lebih tidak detail," kata ahli paleotsunami LIPI Eko Yulianto, Kamis (25/7/2019), seperti diberitakan Antara.

Eko menjelaskan, pemetaan data dasar ancaman tsunami, termasuk peta daerah yang berpotensi tergenang, nantinya dapat dijadikan acuan kuat untuk perencanaan tata ruang wilayah pesisir dan upaya pengurangan risiko bencana di kawasan pesisir.

Baca Juga: Ibunya Sering Kehilangan Barang, Ternyata Tumpukan Benda Berharga Senilai Rp924 Juta Itu Telah Berpindah ke Perut Putrinya

"(Peta rendaman tsunami) bisa untuk merencanakan pengurangan risiko bencana lebih detail lagi, sampai rencana kontingensi dan operasinya bisa diturunkan," ungkap Eko.

Eko menargetkan, peta rendaman tsunami akan rampun di tahun 2020.

Pada tahap awal, peta mencakup 12 daerah yang memiliki kerentanan tinggi tsunami seperti Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta, dan Pacitan.

Menurut Eko, pemerintah daerah sudah saatnya memikirkan strategi untuk mengurangi risiko di daerah-daerah pesisir paling rawan itu.

"Perlu segera dipikirkan strategi pengurangan risiko oleh pemerintah daerah dengan efek pembangunan di jalur Selatan Jawa," tegas Eko.

Baca Juga: Miliki Hidung Sepanjang 19 cm, Pria Ini Konon Punya Hidung Terpanjang Dalam Sejarah