Find Us On Social Media :

Viral Kicauan Fresh Graduate Tolak Gaji Rp8 Juta Karena Lulusan Kampus Ternama: Bisakah Penentuan Besaran Gaji Karyawan Berdasarkan Asal Kampusnya?

By Mentari DP, Kamis, 25 Juli 2019 | 08:30 WIB

Viral kicauan fresh graduate tolak gaji Rp8 juta karena lulusan kampus ternama.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu lalu, sedang ramai sebuah tagar di media sosial Twitter.

Tagar tersebut berasal dari screen shot Insta Story yang disebar melalui sebuah base.

Isinya mengenai seorang fresh graduate (baru lulus) dari sebuah Universitas negeri di Indonesia yang mengatakan menolak gaji Rp8 juta.

Alasannya karena dia lulusan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Rumah DP Rp 0 Bisa Dihuni pada Agustus, Banyak Pemilik Alphard, Porsche, Hingga Harley-Davidson yang Ikut Daftar Beli

Melihat hal tersebut, netizen pun menjadi ‘panas’.

Menurut mereka untuk ukuran fresh graduate, gaji Rp8 juta tersebut sudah sangat besar. Mungkin ketika nanti dia sudah bekerja, gajinya akan bertambah.

Apalagi penulis tersebut juga menyinggung lulusan universitas lain.

Pertanyaannya, bisakah nama kampus atau universitas tempat menimba ilmu bisa menentukan besaran gaji saat melamar bekerja di sebuah perusahaan?

Menurut Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan, perusahaan sudah menentukan apa saja faktor yang menjadi pertimbangan ketika menerima seorang pelamar.

Ini tentunya sesuai dengan posisi/jabatan yang dilamar beserta nominal gajinya.

"Pengalaman dan jam terbang sebelumnya, rata-rata gaji di pasaran untuk perusahaan yang sama dan posisi yang similar, dan kemampuan perusahaan dalam mempekerjakan kandidat (internal equity)," kata Audi berbincang dengan Kompas.com, Rabu (24/7/2019).

Baca Juga: Cerita Viral Perempuan Pendaki Gunung Disetubuhi Saat Hipotermia, Benarkah Cara Tersebut?