Find Us On Social Media :

Sebelum Menetas, Ternyata Bayi Burung Saling Berkomunikasi Dalam Telur! Begini Penjelasannya

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 26 Juli 2019 | 07:30 WIB

Bayi Burung Saling Berkomunikasi Dalam Telur Sebelum Menetas

Intisari-Online.com - Embrio burung yang belum menetas tidak hanya dapat mendengar panggilan dari burung dewasa.

Mereka bahkan dapat mengkomunikasikan informasi itu kepada saudara dan saudari mereka yang belum menetas di sarang yang sama.

Ini adalah temuan yang mengungkapkan bagaimana burung dapat beradaptasi dengan lingkungan mereka bahkan sebelum kelahiran.

Karena, tidak seperti plasenta mamalia, fisiologi mereka tidak lagi dapat dipengaruhi oleh perubahan dalam tubuh ibu mereka setelah telur diletakkan.

Baca Juga: Kisah Ajaib Seorang Bayi yang Diselamatkan oleh Anjing Liar Ketika Ibunya Ingin Membunuhnya

Secara khusus, tim peneliti mengekspos telur camar berkaki kuning yang belum menetas.

"Hasil ini sangat menunjukkan bahwa embrio camar dapat memperoleh informasi lingkungan yang relevan dari saudara mereka."

"Bersama-sama, hasil kami menyoroti pentingnya informasi yang diperoleh secara sosial selama tahap prenatal sebagai mekanisme non-genetik yang mempromosikan plastisitas perkembangan."

Eksperimen itu sendiri cukup elegan.

Baca Juga: Kisah Tragis Julia Pastrana, Wanita 'Jelek' yang Sampai Kematiannya Tak Tenang Karena Mayatnya Dijadikan 'Pajangan' oleh Suaminya

Tim ini mengumpulkan telur camar liar dari koloni pembiakan di Pulau Sálvora di Spanyol yang mengalami tingkat predasi yang berfluktuasi, terutama dari karnivora kecil.