Find Us On Social Media :

Cerita Nyi Roro Kidul Konon Beri Petunjuk Potensi Tsunami di Laut Jawa, Benarkah?

By Afif Khoirul M, Minggu, 21 Juli 2019 | 21:00 WIB

Ilustrasi Nyi Roro Kidul, ratu penguasa Pantai Selatan Jawa

Intisari-online.com - Viral informasi potensi tsunami selatan Jawa kini tengah meresahkan warga.

Kajian yang disampaikan oleh BPPT menunjukkan bahwa wilayah Pantai Selatan (Pansela) Jawa-Bali berpotensi mengalami gempa megathrust dengan magnitudo 8,8 yang dapat memicu tsunami hingga 20 meter.

Namun, tahukah Anda bahwa tsunami pantai selatan Jawa sebetulnya sudah pernah terjadi sekitar 400 tahun yang lalu dalam skala yang luar biasa?

Fenomena itu terekam dalam mitos Nyi Roro Kidul, seperti diungkapkan oleh Eko Yulianto, pelacak jejak tsunami purba dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dalam film dokumenter LIPI yang berjudul "The Untold Story of Java Southern Sea".

Baca Juga: Sambil Menitihkan Air Mata Anjing Ini Setia di Atas Peti Mati Pemiliknya yang Meninggal

Diwawancarai oleh Kompas.com via telepon, Sabtu (20/9/2019), Eko menuturkan bahwa pencarian jejak tsunami raksasa purba dimulainya ketika melakukan penelitian di lapangan dua hari setelah tsunami Pangandaran pada 2006.

Pada saat itu, dia menemukan bukti pertama yang diduga endapan tsunami purba.

Namun, dia tidak dapat mengambil sampel dan meneliti lebih lanjut.

Baru satu tahun kemudian, ketika Eko menemani profesornya yang berasal dari Jepang, sampel berhasil dibawa untuk diuji di Japan Nuclear Center. Hasil pengujian yang keluar pada 2 Desember 2017 dan menunjukkan bahwa tsunami terjadi sekitar 400 tahun yang lalu plus minus 30 tahun. 

Baca Juga: Wah, Ada Tulang Kaki yang Terpotong, Ini Kengerian Pertempuran Waterloo