Find Us On Social Media :

'Saya adalah Alasan Anda untuk Tidak Memberi Madu pada Bayi'

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 12 Juli 2019 | 07:00 WIB

Jangan pernah berikan madu pada bayi di bawah satu tahun.

Intisari-Online.com – Saat yang menyenangkan bagi seorang ibu yang memiliki bayi adalah ketika ia berhasil menyusui bayinya secara eksklusif lalu mulai memberinya makanan padat, yaitu sekitar usia enam bulan.

Tapi, mungkin saat itu pula adalah saat yang membingungkan bagi para orangtua dalam hal apa yang harus diberi untuk makan bayi mereka.

Ada saran yang mereka dapatkan dari para profesionial. Ada juga saran dari keluarga dan teman yang bermaksud baik, meski mungkin tidak selalu aman untuk bayi Anda.

Seperti halnya pemberian madu. Botulisme bayi akibat pemberian madu adalah ancaman kesehatan langka tetapi nyata bagi bayi di bawah usia satu tahun.

Baca Juga: Cara Mudah Mengecek Keaslian Madu, Salah Satunya Mencelupkan Jari

Seorang ibu membagikan kisahnya sendiri tentang botulisme bayi dari madu. Kejadian ini terjadi pada ibu itu sendiri.

Kelli Tager memiliki bekas luka di lehernya. Setiap kali ia harus menjawab pertanyaan orang-orang tentang lubang di lehernya.

Kelli mendapat botulisme bayi dari madu ketika dia baru berusia enam bulan. Dalam sebuah artikel di Scary Mommy, dia menceritakan apa yang terjadi padanya.

“Usia enam bulan adalah ketika orang tua akhirnya bisa memperkenalkan rasa makanan 'nyata' kepada bayi mereka dan ibu saya (sebagai ibu hippie tahun 1970-an) dengan bahagia mulai memperkenalkan saya pada dunia selera dari oatmeal, yogurt, mustard, untuk bayinya tersayang.”

Baca Juga: Diberi Jus yang Dicampur Madu, Bayi Berusia 6 Bulan Ini Meninggal: Ini Alasan Anak di Bawah Satu Tahun Dilarang Diberi Madu!

Sayangnya, ibu Kelli memperhatikan putrinya itu "tampak sedikit lesu." Dokter menepisnya ketika dokter mengatakan itu flu.

Namun, ketika ibu Kelli sedang berusaha untuk merawatnya, dia melihat susu mengalir keluar dari mulutnya dan menyadari bahwa Kelli tidak bisa menelan.