Find Us On Social Media :

Kisah Buruh Bangunan yang Berhasil Kuliahkan Anaknya di Teknik Nuklir UGM: ‘Selalu Ada Jalan Bagi yang Selalu Berusaha’

By Mentari DP, Kamis, 4 Juli 2019 | 12:00 WIB

Kisah buruh bangunan yang berhasil kuliahkan anaknya di Teknik Nuklir UGM.

Intisari-Online.com – Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Termasuk soal pendidikan.

Walau mereka sendiri hanya memiliki pendidikan seadanya, seperti lulusan SD atau SMP atau bahkan tak menyelesaikan sekolah, mereka tetap ingin anak mereka meraih pendidikan yang baik.

Dan kisah di bawah ini bisa menjadi contoh.

“Kaya gak percaya bisa sampai seperti ini, saya yang buruh bangunan dan hanya lulusan SMP akhirnya bisa melihat Eko masuk kuliah,” ungkap Amnidi (53) saat mendapat kabar putra sulungnya Rakhmat Eko Saputro (18) diterima kuliah di prodi Teknik Nuklir Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga: Raffi Ahmad Miliki Benjolan di Leher dan Harus Dioperasi: 6 Penyebab Benjolan di Leher, Ada Cedera Hingga Kanker

Amnidi dan isteri, Ermida (46 tahun) tidak pernah menyangka anaknya dapat mencapai pendidikan hingga perguruan tinggi lewat beasiswa prestasi Bidikmisi.

Amnidi menuturkan menyekolahkan anak hingga jenjang perguruan tinggi bukanlah hal  mudah di tengah keterbatasan perekonomian keluarga.

Tuhan tidak tidur

Penghasilannya dari bekerja sebagai buruh bangunan sekitar Rp3 juta per bulan sangatlah pas-pasan untuk menghidupi isteri dan dua puteranya.

“Jadi, buruh bangunan kerjanya ya gak tentu, tergantung proyek. Kalau ada proyek ya kerja kalau tidak ada ya di rumah saja,” jelas Amnidi seperti dikutip dari laman resmi UGM.

Bahkan, Amnidi pernah merasakan kerja namun tidak dibayar. Kerja keras yang diniatkan untuk menghidupi keluarga kecilnya itu serasa tidak berguna.

“Pernah ikut proyek tapi mandornya kabur jadinya duit gak keluar dan gak bayaran. Risiko kerja ikut orang seperti itu,” katanya.

Baca Juga: Tradisi Suku Kreung, Ketika Ayah Buatkan ‘Gubuk Cinta’ Agar Anak Gadisnya Berhubungan Intim dengan Pria Berbeda Tiap Malam