Find Us On Social Media :

Lebih dari 2.600 Planet 'Alien' Baru Ditemukan oleh Teleskop NASA, Seperti Apa Detailnya?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 25 Juni 2019 | 19:00 WIB

Lebih dari 2.600 Planet Alien Baru Ditemukan oleh Teleskop NASA

Intisari-Online.com - Pada 7 Maret 2009, NASA meluncurkan teleskop ruang angkasa Kepler ke orbit di sekitar Matahari.

Di luar atmosfer Bumi, akan bebas untuk mengintip dalam-dalam ke seluruh bagian galaksi kita dan mencari planet baru yang mengorbit bintang lain.

Setelah sembilan tahun beraksi yang meliputi dua fase misi terpisah (ditunjuk sebagai Kepler dan K2), teleskop ruang angkasa Kepler akhirnya kehabisan bahan bakar dan terpaksa berhenti beroperasi pada Oktober 2018.

Namun selama masa pakainya, ia menemukan lebih dari 2.600 planet baru, setidaknya beberapa di antaranya mungkin mampu mendukung kehidupan.

Baca Juga: Masih Ingat Soal Rumah DP Rp 0? Ini Kabar Terbarunya, Hampir Selesai dan Akan Dibangun di Lokasi Lain

Selain 2,681 objek yang sudah diklasifikasikan sebagai exoplanet (planet di luar tata surya), badan antariksa AS mendaftarkan 2.899 kandidat lain untuk status planet yang belum diverifikasi.

Pada 2015, data dari misi Kepler awal (data K2 belum tersedia) telah mengkonfirmasi keberadaan 30-50 planet seukuran Bumi yang diketahui mengorbit di dalam "zona layak huni" bintang mereka.

"Sebagai misi berburu planet pertama NASA, Kepler dengan liar telah melampaui semua harapan kami dan membuka jalan bagi eksplorasi mencari kehidupan di tata surya dan seterusnya."

Ini adalah kata-kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA di Washington, menandai kesempatan pensiun resmi Kepler dari tugas aktif.

Baca Juga: Sering Begadang dan Baru Tidur di Atas Jam 12, Pria Ini Alami Sakit Parah, Bahkan Sampai Koma