Find Us On Social Media :

Ayah Dewi Perssik Meninggal Karena Diabetes: 7 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

By Nieko Octavi Septiana, Senin, 10 Juni 2019 | 10:39 WIB

Intisari.Online.Com - Kabar duka datang dari pedangdut Indonesia. Ayah Dewi Perssik meninggal dunia setelah lama berjuang melawan diabetes yang dideritanya dan berujung komplikasi.

Ayah Dewi Perssik, Mochammad Aidil meninggal dunia pada Minggu (9/6/2019) di Rumah Sakit Siloam, Jakarta.

Diabetes atau disebut juga penyakit gula atau kencing manis adalah kondisi gula darah (glukosa) yang melebihi batas normal.

Biasanya penderita diabetes harus menjaga pola makan, karena jika mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat karena insulin dalam tubuh tak bisa mencerna karbohidrat dengan sempurna.

Baca Juga: Ayah Dewi Perssik Meninggal Karena Diabetes: Selain Diabetes, Ini 4 Penyakit yang Muncul Akibat Mengonsumsi Gula

Ada yang mengatakan juga penderita diabetes tak boleh makan buah, tapi ini tak sepenuhnya benar. Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi buah, hanya saja porsi dan frekuensinya harus diperhatikan.

Selain itu buah-buahan tertentu memang dapat menyebabkan gula darah meningkat lebih cepat. Seperti 7 jenis buah ini yang memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi atau karena kebanyakan orang makan terlalu banyak, yang menghasilkan gula darah lebih tinggi. 

Berikut 7 jenis buah yang sebaiknya dihindari dan bagaimana mengatasi jika harus mengonsumsinya bagi penderita diabetes dilansir dari Verywell Health.

 

Anggur

Satu buah anggur kecil mengandung satu gram karbohidrat, yang berarti bahwa 15 buah anggur dianggap satu porsi buah. Kemungkinannya adalah jika Anda makan anggur, Anda makan lebih dari 15.

 

Untuk menghindari makan berlebihan, yang terbaik adalah menghitungnya dan memasukkannya ke dalam mangkuk kecil, atau menghindari godaan dan memilih untuk makan buah seperti buah beri. Anda bisa makan 1 1/4 cangkir stroberi dengan jumlah karbohidrat yang sama dengan 15 anggur. 

Ceri

Kebanyakan orang tidak berhenti makan ceri hanya dalam beberapa genggam, itulah sebabnya makan ceri biasanya akan menghasilkan lonjakan gula darah. Mirip dengan anggur, satu buah ceri mengandung satu gram karbohidrat.