Find Us On Social Media :

Bicara Lebih Banyak pada Anak Bayi Ternyata Bisa Tingkatkan Kecerdasan Mereka Lho

By Afif Khoirul M, Jumat, 7 Juni 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi orang tua dan anak

Intisari-online.com - Penelitian menemukan bahwa orang tua yang sering berbicara pada balita mereka ternyata bisa memberikan kemampuan nonverbal, penalaran dan pemahaman numerik.

Menurut Healthline, banyak yang dibuat dari kesenjangan 30 juta kata dalam hampir 40 tahun sejak penelitian disajikan.

Hanya menetapkan bahwa anak-anak yang lahir dalam kemiskinan mendengar rata-rata 30 kata pada usia ketiga mereka daripada teman sebaya mereka yang lebih kaya.

Temuan-temuan dari studi yang relatif kecil ini terbukti kontroversial selama bertahun-tahun dengan klaim bisa rasial dan studi-studi berukutnya gagal mereplikasi hasilnya.

Baca Juga: Mendengar Kebisingan Aneh di Balik Dinding, Pria Ini Nekat Membongkarnya dan Mendapati Kenyataan Ini

Namun satu hal yang disetujui oleh semua orang adalah klaim bahwa jumlah kata yang didengar oleh seorang anak dalam masa dini, lebih signifikan diterima.

Para peneliti dari Universitas New York menemukan bahwa jumlah kata yang didengar oleh seorang anak tidak hanya meningkatkan perbendaharaan kosa kata dan bahasa mereka.

Tetapi juga berkontribusi pada perkembangan kemampuan nonverbal seperti penalaran, pemahaman numerik, dan bentuk kesadaran.

Studi ini melibatkan 107 anak-anak, menggunakan perekam audio untuk mendokumentasikan kehidupan sehari mereka selama tiga hari.

Apa yang ditemukan peneliti adalah hubungan postitif antara kemampuan kognitif dan kualitas bicara anak dewasa yang didengar.

Baca Juga: Kisah Ulama FPI Membantu Polisi Halau Massa yang Melakukan Kerusuhan 22 Mei