Find Us On Social Media :

Ditemukan di Indonesia, Spesies Kera Purba Ini Punya Gigi yang Sangat Unik

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 22 April 2019 | 07:00 WIB

Punya Gigi Unik, Spesies Kera Purba Baru Ditemukan di Indonesia

Intisari-Online.com - Perlu diketahui bahwa Indonesia saat ini dikenal sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.

Yakni dengan kekayaan spesies baik flora maupun faunanya yang sangat kaya.

Kekayaan flora dan fauna ini juga disebabkan oleh posisi geografis Indonesia di garis khatulistiwa, serta bentuknya yang berupa kepulauan.

Namun, tahukah Anda bahwa keanekaragaman hayati di Indonesia juga sangat tinggi di masa prasejarah dulu?

Baca Juga : Sutopo Sarankan Ibu Ani Makan Ikan Gabus: Ternyata Ikan Gabus Ini Punya Manfaat Ajaib Bagi Pasien yang Jalani Operasi

Temuan terbaru mengungkap keberadaan spesies hominid (kera besar) purba baru di Indonesia pada epos Pleistocene, yang berlangsung dari sekitar 2,5 juta hingga 11 ribu tahun yang lalu.

Riset yang dilakukan oleh tim dari Senckenberg Research Institute and Natural History Museum ini dilakukan lewat pemerikaan seluruh fragmen fosil hominid koleksi Museum Senckenberg.

Berdasarkan analisis struktur gigi dan rahang, ditemukan bahwa terdapat spesimen fosil yang tidak menyerupai struktur spesies yang telah ada sebelumnya.

“Studi tomografi mikro-komputer dan analisis terhadap enamel gigi menunjukkan bahwa gigi ini tidak dimiliki oleh Homo erectus ataupun orangutan”, jelas Clement Zanolli, peeliti dari University of Bordeaux, yang terlibat dalam riset ini, seperti yang dilansir dari Phys.org, Selasa (9/4/2019).

Baca Juga : Dokter Keluarkan 56 Batu dari Ginjal Bocah 9 Tahun Ini, Petugas Medis Ungkap 5 Penyebabnya!