Find Us On Social Media :

Daging Olahan Jika Dikonsumsi Tap Hari Tingkatkan Risiko Kanker Usus!

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 18 April 2019 | 15:09 WIB

Penelitian terbaru menambah bukti yang menghubungkan daging merah dan olahan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal.

Intisari-Online.com - Mengonsumsi daging merah atau olahan dalam jumlah sedang sekalipun dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal (usus), menurut sebuah studi baru yang diterbitkan Rabu (17/4/2019).

Baca Juga : Benarkah Asupan Gizi dan Kualitas Hidup Vegetarian Tak Lebih Sehat Daripada Pemakan Daging?

Sedangkan mereka yang makan 76 gram daging merah dan daging olahan per hari, yang kira-kira sama dengan seperempat pon daging burger sapi, berpeluang 20% lebih tinggi terkena kanker kolorektal.

Menurut penelitian hal tersebut dibandingkan dengan orang lain yang makan sekitar 21 gram sehari, setara dengan satu iris ham.

Studi ini, seperti yang dilansir CNN, juga menemukan daging olahan, seperti sosis atau bacon, memiliki risiko lebih besar daripada daging merah.

Risiko kanker kolorektal naik 20% dengan setiap 25 gram daging olahan (kira-kira setara dengan irisan tipis bacon) yang dimakan manusia per hari.

Baca Juga : Banyak Caleg Stres Karena Gagal Terpilih, Benarkah Faktor Biaya Jadi Pemicunya?

Lalu akan meningkat sebesar 19% di setiap 50 gram daging merah (sepotong daging sapi panggang tebal, atau sedikit potongan daging domba yang dapat dimakan).