Find Us On Social Media :

BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter Terjang Daerah Ini, Perairan Selatan Jawa Salah Satunya!

By Ade S, Kamis, 11 April 2019 | 15:15 WIB

Ilustrasi gelombang pasang

Intisari-Online.com - Bagi Anda yang harus beraktivitas di laut atau wilayah pesisir pada periode 11 hingga 14 April, harap berhati-hatilah.

Sebab ada beberapa wilayah di Indonesia yang diprediksi akan diterjang gelombang tinggi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Disampaikan melalui rilis BMKG yang dibagikan Kamis (11/4/2019); daerah-daerah yang berpotensi mengalami gelombang dengan kisaran 2,5-4 meter adalah Perairan Enggano – Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudera Hindia Barat Lampung, Perairan Selatan Pulau Jawa, serta Samudera Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Potensi gelombang ini disebabkan oleh pola tekanan rendah 1000 hPa di Samudera Hindia barat laut Australia, 1007 hPa di Samudra Hindia Barat Sumatra, dan 1006 hPa di Samudra Hindia selatan NTT.

Baca Juga : Catat! Inilah Tempat-tempat yang Rawan Hujan Deras, Angin Kencang, dan Gelombang Tinggi di Awal 2019

Selain itu, gelombang tinggi juga terjadi karena kecepatan angin yang tinggi, seperti yang tercatat di Laut Arafuru, Perairan Yos Sudarso, dan Perairan Merauke.

Di samping daerah-daerah di atas, beberapa wilayah lainnya di Indonesia juga berpeluang terdampak gelombang tinggi kategori sedang, yaitu gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter.

Mereka adaah perairan utara Sabang, Perairan Sabang – Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Kep. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, Samudera Hindia Barat Aceh hingga Bengkulu.

Kemudian, Selat Bali – Selat Lombok – Selat Alas Bagian Selatan, Perairan Selatan P. Sumba hingga P. Rotte, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Laut Timor selatan NTT, Samudera Hindia selatan NTT, Perairan Selatan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, Perairan Selatan Kepulauan Aru.

Baca Juga : Ini Bedanya Tsunami dengan Gelombang Tinggi di Pantai