Find Us On Social Media :

Benarkah Asupan Gizi dan Kualitas Hidup Vegetarian Tak Lebih Sehat Daripada Pemakan Daging?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 1 April 2019 | 06:00 WIB

Asupan Gizi dan Kualitas Hidup Vegetarian

Intisari-Online.com - Sebuah studi kontroversial menyebutkan bahwa para vegetarian sebenarnya tidak lebih sehat dari non-vegetarian atau mereka yang memakan daging.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Kedokteran Graz di Austria tahun 2014 itu menemukan bahwa pola makan vegetarian mengakibatkan konsumsi rendah lemak dan kolesterol jenuh.

Hal itu karena asupan buah-buahan, sayuran, dan produk gandum yang lebih tinggi, tampaknya membawa risiko peningkatan kanker, alergi dan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Studi ini menggunakan data dari Survei Wawancara Kesehatan Austria untuk memeriksa kebiasaan diet dan perbedaan gaya hidup antara pemakan daging dan vegetarian.

Baca Juga : AI Super Wide-Angle Vivo V15, Abadikan Kehangatan Keluarga di Momen Terbaik

1.320 subjek dicocokkan sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi mereka.

Masing-masing mereka ini termasuk 330 vegetarian, 330 pemakan daging yang masih makan buah-buahan dan sayuran, 300 pemakan normal tetapi lebih sedikit memakan daging, dan 330 yang lebih banyak mengonsumsi daging.

Hasilnya mengungkap bahwa vegetarian mengkonsumsi lebih sedikit alkohol dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Baca Juga : Tambahkan Kebaikan Oats di Menu Favoritmu dan Menangkan Hadiah Jalan-jalan ke Bangkok!