Find Us On Social Media :

Studi: Debu di Rumah Bisa Picu Pertumbuhan Sel-sel Lemak, Kok Bisa Ya?

By Katharina Tatik, Rabu, 27 Maret 2019 | 20:30 WIB

Debu di rumah tangga bisa membuat sel-sel lemak.

Intisari-Online.com – Para peneliti telah menemukan bahwa debu di dalam rumah tangga kita mungkin mengandung banyak bahan kimia yang dapat mempercepat perkembangan sel-sel lemak, yang berpotensi berkontribusi pada obesitas.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, para peneliti dan pembuat kebijakan internasional telah menyatakan keprihatinan mereka tentang efek bahan kimia yang mengganggu endokrin, zat yang dapat mengganggu fungsi sistem endokrin atau hormon.

Zat semacam itu kadang-kadang ada dalam produk pembersih rumah tangga, dan bahkan pada benda yang kita gunakan setiap hari.

Baca Juga : Cek Dulu Sebelum Beli, Ini Spesifikasi Vivo V15 yang Dibekali Kamera Selfie 32 Mp

Banyak plastik, misalnya, mengandung ftalat, yang merupakan zat kimia pengganggu endokrin.

Para peneliti telah mengingatkan kita bahwa bahan kimia ini merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat, karena ini dikaitkan dengan masalah kesuburan, penyakit hati, kanker, dan obesitas pada anak-anak.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Christopher Kassotis, Ph.D., dari Sekolah Lingkungan Universitas Duke Nicholas, di Durham, NC, telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa debu rumah tangga dapat mendorong perkembangan sel-sel lemak.

Mengapa bisa demikian?

Karena debu ini bisa saja mengandung kimia yang mengganggu endokrin.

Kassotis mempresentasikan temuan ini kemarin di ENDO 2019, pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin, yang diadakan di New Orleans, LA.

"Ini adalah beberapa penelitian pertama yang menyelidiki hubungan antara paparan campuran kimia yang ada di lingkungan dalam ruangan dan kesehatan metabolisme anak-anak yang tinggal di rumah-rumah itu," tegas Kassotis.

Baca Juga : 7 Fakta di Balik Kematian Saleem Iklim Penyanyi Suci Dalam Debu