Find Us On Social Media :

Hari Ini MRT Jakarta Diresmikan: Ini Sejarah Panjang MRT di Indonesia

By Intisari Online, Minggu, 24 Maret 2019 | 12:00 WIB

 

Intisari-Online.com – Hari ini, Minggu (24/3/2019), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan MRT atau mass rapid transit, moda transportasi baru di Indonesia.

Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, meresmikan fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang pertama di Indonesia.

Peresmian dilakukan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan, sekaligus MRT fase II hari ini kita mulai lagi," ujar Jokowi.

Baca Juga : Biaya Sekolah Putri Nia Ramadhani Capai Rp200 Juta per Tahun: Ini 5 Sekolah Paling Mahal di Dunia

Sebelum diresmikan, Jokowi kembali menaiki MRT dari Stasiun Istora Mandiri menuju Stasiun Bundaran HI.

Setelah itu, dia menuju panggung di dekat pos polisi Bundaran HI.

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto, dan lainnya.

Ada juga para artis seperti Reza Rahardian, Andien, Nirina Zubir, dan Cathy Sharon.

Sejarah MRT di Indonesia

Ini merupakan MRT yang pertama di Indonesia.

Adapun, moda transportasi MRT sudah direncanakan selama puluhan tahun lalu melewati masa pemerintahan beberapa presiden dan gubernur DKI Jakarta.

Perjalanan panjang MRT Berdasarkan informasi yang dirangkum Pemerintah Provinsi Jakarta, Presiden ketiga BJ Habibie menyusun desain dasar proyek MRT Blok M pada tahun 1995.

Baca Juga : Biaya Sekolah Putri Nia Ramadhani Capai Rp200 Juta per Tahun: Ini Sekolah Paling Mahal di Dunia Dengan Biaya Rp1,2 Miliar per Tahun