Find Us On Social Media :

10 Hal yang Tanpa Disadari Tidak Pernah Anda Bersihkan di Rumah

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 23 Maret 2019 | 08:30 WIB

Intisari-Online.com – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Memiliki rumah yang bersih adalah sesuatu yang sangat kita inginkan.

Tidak hanya membuat kita nyaman dengan diri sendiri tetapi juga berperan penting dalam menjaga agar infeksi dan penyakit tidak terjadi.

Debu yang semakin menumpuk setiap harilah yang membuat rumah kotor.

Apalagi ada anak kecil di dalam rumah, yang membuat rumah semakin lebih kotor.

Baca Juga : Biasanya Hanya Temui Benda Menjijikkan, Petugas Kebersihan Ini Kini Temukan Uang Rp5,5 Miliar di dalam Bus, Rejeki Nomplok?

Apalagi gaya hidup sekarang yang cenderung sibuk sehingga tidak memungkinkan untuk membersihkan rumah setiap hari, terutama bila kedua pasangan bekerja.

Meskipun bukan hal yang buruk untuk dilakukan, nyatanya kita tetap harus membersihkan rumah tanpa mengabaikan sudut-sudut tertentu di rumah.

Menariknya, ada tempat-tempat yang cenderung diabaikan kebersihannya oleh hampir kebanyakan orang. Nah, dilansir dari boldsky, inilah 10 tempat tersebut.

Kepala pancuran

Ini adalah salah satu tempat yang menjadi gudang penyimpanan debu jika tidak dibersihkan secara teratur.

Idealnya, harus dibersihakn dengan menyeka menggunakan kain kering setiap beberapa minggu. Sekitar dua kali setahun, hal yang sama harus dilakukan pembersihan mendalam.

Kuncinya di sini adalah untuk memakai kantong plastik dan mengisinya dengan proporsi cuka dan air yang sama.

Lalu, kepala pancuran dicelupkan ke dalamnya dan plastik diikat dengan karet gelang. Setelah sekitar 3 menit, hal yang sama dilepaskan dari kepala pancuran dan itu digosok, dicuci, dan ditepuk kering.

Baca Juga : Bikin Jokowi Terpesona, Ini Rahasia Kebersihan Sungai Cheonggyecheon, Seoul yang dulu Kotor seperti Ciliwung

Karpet

Karpet menumpuk banyak kotoran dan ini terutama berlaku jika rumah Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil.

Idealnya, karpet harus dibersihkan seminggu sekali, dengan memastikan bahwa karpet itu bebas dari kotoran.

Jika Anda melakukannya secara teratur, tidak akan ada penumpukan massa kotoran dan pembersihan keseluruhan akan jauh lebih sederhana.

Bagian dalam mesin cuci

Bagian dalam mesin cuci sebenarnya memudahkan penumpukan jamur, jamur, dan serat.

Untuk mencegah hal seperti itu terjadi, yang dapat Anda lakukan adalah menjalankan siklus kosong mesin cuci Anda dengan seperempat cangkir pemutih.

Atau jalankan mesin cuci pada air penuh dengan tiga sendok teh pemutih di dalamnya. Apa pun itu akan membantu dalam membersihkan mesin cuci dari dalam.

Rak oven

Saat memasak, maka rak rak oven terkena lapisan lemak, debu, dan makanan yang dipanggang sehingga membuat oven sulit dibersihkan.

Untuk membersihkan ini, ambil seperempat cangkir cuka putih, jumlah yang sama dari cairan pencuci piring dan sekitar satu cangkir air dan isi yang sama ke dalam botol penyemprotan.

Semprotkan rak oven Anda dengan yang sama dan diamkan selama setengah jam.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dan menghapus semua minyak dan kotoran seperti yang biasa Anda lakukan.

Baca Juga : Tovala, Oven Pintar yang Bisa 'Memasak' Sendiri Beragam Jenis Makanan dalam Waktu Bersamaan

Rak sepatu

Ini adalah area lain dari rumah yang sering diabaikan. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah membersihkan debu dengan kain bersih seminggu sekali.

Jika dilakukan secara teratur, tidak akan ada penumpukan kotoran dan Anda tidak perlu khawatir sepatu Anda kotor karena kondisi rak sepatu Anda.

Gulungan kulkas

Gulungan kulkas biasanya terletak di belakang kulkas dan cukup mudah dibersihkan. Yang harus Anda lakukan di sini adalah menyikatnya dengan sikat bulu lalu menyedotnya.

Namun, pastikan kulkas dimatikan sebelum Anda melakukan ini. Ingatlah bahwa membersihkan kulkas secara teratur meningkatkan efisiensinya.

Wadah pisau

Ini juga cukup mudah dibersihkan tetapi sering diabaikan. Di sini, yang harus Anda lakukan adalah menjaga agar wadah pisau tetap terbalik sebentar.

Ini untuk memastikan bahwa sebagian besar remah dan kotoran akan keluar. Kemudian gunakan vacum untuk menyemprot sisa puing.

Setelah itu, Anda hanya perlu merendam wadah pisau dengan sabun selama sekitar 20 menit dan kemudian membilasnya dengan air.

Baca Juga : Merasakan Kehangatan Saat Tidur, Siapa Sangka Pria Ini Ternyata Satu Kasur Dengan Seekor Cheetah