Find Us On Social Media :

Kisah Tragis Sarah Baartman, 'Manusia Sirkus' yang Dipertontonkan di Jalanan dalam Sebuah Kandang

By Intisari Online, Rabu, 27 Februari 2019 | 09:45 WIB

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda mendengar nama Sarah 'Saartjie' Baartman? Bila tidak pernah, mungkin Anda bukanlah satu-satunya yang belum mengenal wanita asal Afrika Selatan ini.

Namun wanita kelahiran tahun 1789 ini pernah menjadi sumber hiburan bagi masyarakat Eropa saat itu.

Sarah lahir dan tumbuh di Gamtoos — saat ini bernama Eastern Cape. Lebih tepatnya di sebuah peternakan, tempat ibunya bekerja sebagai pelayan dan ayahnya yang bekerja sebagai sopir pengantar hewan ternak.

Walaupun terlahir dalam keluarga yang lengkap, tetapi Sarah harus berpisah dengan orang tuanya saat masih kecil.

Baca Juga : Benarkah Bangsa Israel Pernah Menjadi Budak dari Bangsa Mesir yang Dipimpin Firaun?

Kehidupan Sarah terus berlanjut walau tanpa orang tua. Sarah kemudian menikah dengan seorang pria Khoikhoi dalam usia yang masih mudah.

Suami Sarah berprofesi sebagai seorang drummer. Pernikahan ini melahirkan seorang anak yang kemudian meninggal tidak lama setelah dilahirkan.

Kesedihan Sarah seakan tidak berhenti sampai di situ. Suatu hari, akibat ekspansi kolonial, Belanda berkonflik dengan suku Khoikhoi. Akibatnya orang-orang dipaksa untuk mengikuti kerja rodi. Suami Sarah pun dibunuh oleh seorang penjajah.

Usia Sarah baru mencapai 16 tahun, ketika semua peristiwa sedih itu datang dalam kehidupannya.

Baca Juga : 20.000 Wanita Dijanjikan Pekerjaan di Asia, Akhirnya Justru Dijebak dan Dijual Sebagai Budak Nafsu

Tidak bersuami, Sarah pun ditangkap dan dijual kepada seorang pedagang perbudakan bernama Pieter Willem Cezar. Cezar membawanya ke Cape Town, tempat di mana ia menjadi seorang pembantu rumah tangga untuk saudaranya. Saat itulah Sarah mendapatkan nama "Saartjie".

Pada tanggal 29 Oktober 1810, Sarah diduga terlibat dalam sebuah perjanjian dengan William Dunlop, yang merupakan teman Cezar dan saudaranya, Hendrik.

Rupanya, kesepakatan itu membuat Sarah harus ikut dengan Hendrik, Cezar, dan Dunlop ke Inggris dan Irlandia untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Tidak hanya itu, Sarah pun dijadikan sebagai "barang" hiburan.

Dalam perjanjiannya, Sarah akan dibayar dengan sistem bagi hasil dan dikembalikan ke Afrika Selatan setelah lima tahun. Namun, ada dua alasan yang membuat kesepakatan tersebut tampak meragukan.

Pertama, Sarah sebenarnya buta huruf karena ia terlahir di tengah tradisi budaya yang tidak menulis atau pun menyimpan sebuah catatan.

Kedua, keluarga Cezar sendiri sebenarnya tengah mengalami kesulitan keuangan. Atas hal inilah mereka diduga menggunakan Sarah sebagai mesin penghasil uang.

Penandatangan kontrak tersebut membuat dirinya harus menjadi tontonan orang banyak dan diperlakukan dengan tidak layak.

Baca Juga : Wanita Ini Secara Sukarela Menyerahkan Dirinya Sebagai 'Budak' dan Mengaku Bahagia Karena Hal Ini

Lantas, apa yang membuat Sarah menjadi "barang" dagangan ini? Sarah memiliki tubuh yang tidak seperti pada wanita umumnya, bokong sarah berukuran di atas rata-rata.

Bokong besar Sarah kemudian menjadi objek daya tarik masyarakat Eropa kolonial yang dianggap sebagai ras tertinggi.

Tidak puas sampai di situ, Dunlop kemudian membawa Sarah ke London untuk "dipajang" di Piccadilly, sebuah jalan yang penuh dengan berbagai keanehan, seperti "ne plus ultra hideousness" dan "deformitas terbesar di dunia".

Orang-orang Inggris harus membayar bila ingin melihat tubuh Sarah yang dipamerkan dalam kondisi setengah telanjang. Sarah ditampilkan dalam sebuah kandang dengan tinggi sekitar satu setengah meter. Sarah pun menyedot banyak perhatian saat itu.

Setelah empat tahun berada di London, pada bulan September 1814, Sarah dipindahkan dari Inggris ke Prancis. Setibanya di Prancis, Hendrik dan Cezar menjualnya kepada Reaux, seorang pria yang memamerkan hewan-hewan.

Reaux kemudian memamerkan Sarah di sekitar Paris dan memperoleh keuntungan yang sangat besar dikarenakan ketertarikan publik terhadap tubuh Sarah.

Sarah pun dipamerkan bersama dengan bayi badak. Sang "Pelatih" akan memerintahkannya untuk duduk atau berdiri dengan cara yang sama seperti hewan sirkus.

Dalam pertunjukannya, Sarah seringkali ditampilkan setengah telanjang dengan hanya mengenakan sedikit celana. Ia hanya diizinkan untuk menutupi apa yang sudah seharusnya ditutupi. Karena itu, ia dijuluki "Venus Hottentot".

Baca Juga : Akhir Kisah Cyntoia Brown, Wanita Malang yang 15 Tahun Dipenjara karena Bunuh Pria yang Jadikannya Budak Nafsu