Find Us On Social Media :

Suka Pakai Lipstik atau Pelembab saat Hamil? Ini Pengaruhnya pada Keterampilan Motorik Janin

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 23 Februari 2019 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com – Penggunaan produk perawatan pribadi oleh wanita, terutama lipstik dan pelembab, selama kehamilan, dapat membuat anak-anak mereka di masa depan berisiko mengalami masalah keterampilan motorik, demikian menurut sebuah penelitian baru.

Temuan menunjukkan bahwa produk-produk tersebut, serta wadah makanan dan mainan anak-anak mengandung bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada fungsi motorik bayi yang sedang berkembang, demikian dilansir dari medical daily.

Sebuah tim peneliti dari Columbia University Mailman School of Public Health mengatakan bahwa risiko meningkat ketika ibu hamil terpapar bahan kimia yang dikenal sebagai phthalate pada akhir kehamilan.

Baca Juga : Aura Kasih Jalani Tes NIPT saat Hamil: Ini Manfaat dan Kisaran Harganya

Temuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Research, berasal dari analisis kesehatan 209 anak di New York City.

Wanita terpapar ftalat melalui konsumsi atau kontak kulit. Para peneliti mengukur kadar ftalat dalam sampel urin dari wanita selama akhir kehamilan dan dari anak-anak mereka pada usia tiga, lima dan tujuh tahun.

“Hampir sepertiga dari anak-anak dalam penelitian kami memiliki keterampilan motorik di bawah atau di bawah rata-rata,” kata penulis senior Pam Factor-Litvak, profesor epidemiologi di Columbia Mailman School.

Baca Juga : Ini 8 Cara Bedakan Tanda Awal Kehamilan dan Haid yang Terlambat