Find Us On Social Media :

Jika Kapal Perampok Ikan Andrey Dolgov Bertekuk Lutut di Tangan Menteri Susi, Bagaimana Kisah 5 Kapal Perampok Ikan Dunia Lainnya?

By Intisari Online, Jumat, 22 Februari 2019 | 15:30 WIB

Intisari-Online.com - Selain Andrey Dolgov, kapal pencuri ikan buronan internasional yang ditangkap TNI AL tahun lalu, ternyata masih banyak kapal pencuri ikan di dunia.

Kelompok pencuri ikan yang paling terkenal salah satunya adalah yang disebut Bandit 6.

Kelompok ini terdiri atas enam kapal yaitu Kunlun, Perlon, Songhua, Thunder, Viking, dan Yongding.

Keenam kapal ini biasa beroperasi di perairan sekitar Antartika untuk mencari ikan toothfish atau yang dikenal juga dengan nama ikan bass Chile.

Baca Juga : Kisah Andrey Dolgov, Kapal Perampok Ikan Buruan Banyak Negara yang Bertekuk Lutut di Tangan Menteri Susi

Ikan ini dikenal dengan harganya yang amat mahal. Namun, untuk menangkap ikan itu, nelayan atau kapal ikan membutuhkan izin khusus.

Nah, keenam kapal ini tak pernah melaporkan jumlah tangkapan mereka. Hal itu melanggar aturan yang dibuat Komisi untuk Konservasi Sumber Daya Kelautan Antartika (CCAMLR).

Selain tak melaporkan hasil tangkapan, keenam kapal ini juga menggunakan peralatan yang dilarang, seperti pukat yang amat merusak karena disebar dan ditarik di sepanjang dasar laut.

Pada November 2014, organisasi konservasi Sea Shepherd menggelar Operasi Icefish, sebuah kampanye melawan penangkapan ikan ilegal di perairan Antartika.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Memakan Apel Tanpa Mengupas Kulitnya