Find Us On Social Media :

5 Mitos Menstruasi yang Tak Perlu Kita Percayai Lagi, Salah Satunya Seks Saat menstruasi

By K. Tatik Wardayati, Senin, 18 Februari 2019 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com – Sekitar setengah dari populasi dunia mengalami, akan mengalami, atau pernah mengalami menstruasi.

Namun, mitos tentang proses biologi ini masih berlimpah di sekitar kita.

Pada 2017, jumlah penduduk dunia sekitar 7,53 miliar orang, dan 3,73 mliliar di antaranya dilahirkan dengan alat kelamin perempuan.

Hampir semua dari mereka mengalami, sedang mengalami, atau bahkan sudah melewati periode menstruasi, bagian dari siklus menstruasi di mana rahim melepaskan jaringan mukosa di samping darah melalui vagina.

Baca Juga : Nekat Masuki Kuil Suci saat Menstruasi, Wanita Ini Didemo Masyarakat, Dianiaya Mertua, dan Kini Diceraikan Suaminya

Periode menstruasi ini dapat berlangsung antara 3 dan 7 hari dan biasanya terjadi setiap 28 hari, meskipun panjang siklus menstruasi dapat bervariasi.

Meskipun proses biologis ini mempengaruhi sekitar setengah dari populasi dunia, banyak mitos dan kesalahpahaman tentang hal itu tetap ada.

Budaya di seluruh dunia masih memfitnah menstruasi, dan menganggap darah periode "kotor" dan "tidak murni," dan menstruasi itu sendiri sebagai topik yang tabu.

Sebagai contoh, meskipun praktik ini sekarang dianggap ilegal, seperti di Nepal, masih memiliki apa yang disebut ‘pondok menstruasi’, tempat para wanita yang sedang menstruasi di isolasi dan menghabiskan hari-hari mereka di tempat itu.

Meskipun ini adalah contoh ekstrem, ada banyak mitos dan kesalahpahaman yang lebih kecil terkait dengan menstruasi yang tetap beredar di seluruh dunia.

Baca Juga : 'Hanya' Karena Menstruasi, Wanita Ini Diasingkan Bersama Dua Putranya, Nasibnya Berakhir Sangat Tragis

Seks saat menstruasi

Beberapa mitos yang paling luas mengenai menstruasi condong di sekitar seks saat menstruasi, dengan pesaing utama adalah Anda tidak bisa hamil saat menstruasi.

Anda benar-benar bisa hamil jika melakukan hubungan seks tanpa kondom saat menstruasi.

Pada banyak individu, menstruasi adalah periode ketika mereka paling tidak subur, tergantung pada lamanya siklus bulanan mereka.

Kesuburan puncak terjadi selama tahap ovulasi - yang biasanya dimulai sekitar 12 hingga 16 hari sebelum dimulainya menstruasi berikutnya - ketika ovarium memproduksi dan melepaskan ovula segar (telur).

Dan sementara sebagian besar siklus menstruasi berlangsung sekitar 28 hari, beberapa siklus bisa sesingkat 21 hari, yang juga berdampak ketika ovulasi terjadi.

Selain itu, sperma dapat hidup di dalam saluran genital hingga 5 hari atau, menurut beberapa sumber bahkan 7 hari.

Jadi, melakukan hubungan seks vaginal tanpa kondom selama menstruasi dapat berarti bahwa sperma dapat bertahan cukup lama hingga bertepatan dengan ovulasi dan membuahi sel telur, yang mengakibatkan kehamilan.

Selain itu, jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom selama menstruasi, risiko terkena infeksi menular seksual (IMS) - termasuk HIV - atau infeksi ragi, karena perubahan hormon yang terjadi saat ini.

Seks vagina-penis selama suatu periode menstruasi juga dapat, dalam beberapa kasus, menyebabkan peradangan pada kepala penis - suatu jenis infeksi yang disebut "balanitis."

Namun, selama Anda melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan dan penularan penyakti menular seksual, tidak ada alasan untuk tidak menikmati seks saat menstruasi.

Kenyataannya, seks dapat membantu meringankan kram dan meningkatkan mood.

Baca Juga : Periode Menstruasi Lebih Pendek? Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

Seharusnya tidak mandi

Beberapa orang berpikirbahwa mandi selama menstruasi tidaklah aman.

Ini karena air panas merangsang pendaraha, atau karena air menghentikan dari pendarahan, yang dapat memiliki efek buruk.

Silakan menikmati mandi tanpa khawatir, karena inii akan membuat Anda merasa lebih baik.

Sementara air panas dapat membantu merangsang aliran darah, ini sebenarnya dapat membantu meringankan kram menstruasi dan meredakan ketegangan otot.

Pendarahan tidak berhenti setelah perendaman penuh dalam air. Namun, tekanan dari air untuk sementara waktu mencegah darah mengalir keluar dari vagina.

Tidak ada alasan untuk tidak mandi selama haid. Kemungkinan besar, bersantai di bubble bath dan merasa lebih bersih karena itu akan meningkatkan mood Anda dan membantu Anda mengatasi gejala menstruasi sedikit lebih baik.

Selain itu, lebih baik dan lebih sehat untuk menggunakan air dan sabun untuk membersihkan vulva daripada tisu atau produk lainnya.

Ini karena banyak produk perawatan intim dapat mengganggu keseimbangan bakteri halus di area genital, sehingga memudahkan infeksi untuk bertahan. Sebuah penelitian yang dilaporkan Medical News Today pada tahun lalu menemukan "korelasi kuat" antara penggunaan produk perawatan intim, seperti pembersih gel dan pembersih vagina, dan peningkatan risiko infeksi.

Plus, mandi air panas dapat membawa sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Satu penelitian  yang dibahas pada MNT tahun lalu menyarankan bahwa mandi dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan gula darah.

Periode sinkronisasi

Satu pertanyaan yang menyebar sekitar menstruasi adalah apakah mereka dapat benar-benar disinkronkan.

Misalnya, jika dua atau lebih wanita menghabiskan cukup waktu bersama, mungkin sebagai teman sekamar, apakah mereka akan mengalami menstruasi pada saat yang sama?

Baca Juga : Hei Para Wanita, Perhatikanlah 7 Hal Ini pada Darah Menstruasi Anda, Sebab Ia Bisa Beritahu Kesehatan Anda