Find Us On Social Media :

Mengenal Diabulimia, Gangguan Makan Serius dan Sangat Mematikan, Tapi Jarang Terdengar

By Mentari DP, Jumat, 25 Januari 2019 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com – Anda tahu bulimia?

Bulimia adalah suatu gangguan makan serius yang ditandai dengan makan berlebihan. Biasanya penderita mengalami ini untuk menghindari kenaikan berat badan.

Bagaimana dengan diabulimia, tahukah Anda apa diabulimia?

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, Anda pasti tahu betapa pentingnya insulin bagi kesehatan Anda.

Baca Juga : Lewat Tes DNA, Polisi Tetapkan Seorang Perawat Sebagai Tersangka dalam Kasus Wanita Koma Tiba-tiba Melahirkan

Tetapi beberapa orang dengan kondisi ini memanipulasi insulin mereka setelah makan karbohidrat. Kondisi ini disebut diabulimia.

Bisa disebut mereka sengaja mengurangi dosis insulin mereka.

Nah, kondisi ini memang jarang terdengar. Namun faktanya diabulimia sangat mematikan. Mengapa?

Dilansir dari health.com pada Kamis (24/1/2019), Ann Goebel-Fabbri, PhD, mantan asisten profesor psikiatri di Harvard Medical School, perilaku ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi diabetes dan meningkatkan kemungkinan kematian dini.

Ingat, penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin. Artinya mereka membutuhkan insulin.

"Insulin bertindak seperti kunci untuk memungkinkan glukosa masuk ke dalam sel," jelas Susan Herzlinger, MD, seorang spesialis gangguan makan pada penderita diabetes di Joslin Diabetes Center di Boston.

Glukosa adalah bahan bakar yang digunakan tubuh Anda, tetapi tanpa insulin, tubuh Anda tidak dapat memanfaatkan glukosa dalam darah Anda.

Biasanya, pankreas Anda melakukan ini secara otomatis. Tapi bagi penderita diabetes tipe 1, Anda perlu memberi diri Anda insulin baik melalui suntikan atau pompa insulin.