Find Us On Social Media :

Sering Keluar Keringat di Malam Hari, Kira-kita Apa Artinya Ya?

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 30 Desember 2018 | 22:00 WIB

Intisari-Online.com – Berkeringat di malam hari adalah saat seseorang bangun dengan pakaian atau seprai yang basah karena keringat.

Tidur dengan terlalu banyak pakaian mungkin menjadi penyebabnya, tetapi keringat di malam hari juga bisa merupakan akibat dari ketidakseimbangan hormon, seperti testosteron rendah yang dapat mempengaruhi pria dan wanita.

Berkeringat di malam hari adalah gejala umum dari perubahan hormon, seperti pada wanita yang mengalami menopause dan mengalami penurunan hormon seks.

Ketidakseimbangan hormon juga dapat mempengaruhi pria, demikian dilansir dari medicalnewstoday pada Minggu (30/12/2018).

Baca Juga : Sering Berkeringat di Malam Hari Bisa Dikaitkan dengan Penyakit Berbahaya, Pahami 7 Penyebab Berikut!

Testosteron adalah hormon seks utama pada pria dan bertanggung jawab untuk proses seperti produksi sperma dan membangun massa otot.

Tingkat testosteron secara bertahap menurun seiring bertambahnya usia. Ketika kadar testosteron rendah pada pria, tubuh dapat mengalami banyak gejala, termasuk berkeringat di malam hari.

Terkadang juga ada hubungan antara beberapa obat dan testosteron rendah atau kondisi medis lainnya.

Siapa pun yang mengalami keringat di malam hari secara terus-menerus atau mungkin mengganggu, inilah saatnya mengunjungi dokter.

Sebuah penelitian dalam jurnal Drugs – Real World Outcomes memperkirakan bahwa antara 34 dan 41 persen orang dewasa mengunjungi dokter dan 10 hingga 14 persen orang dewasa mengalami keringat malam, meskipun masalah ini mungin tidak terdiagnosis.

Baca Juga : Jangan Abaikan Keringat Dingin, Yuk Deteksi Gejala Penyakitnya!