Find Us On Social Media :

Studi Ungkap Bahwa Stetoskop Sebenarnya Merupakan Sarang Bakteri, Berbahayakah?

By Mentari DP, Kamis, 20 Desember 2018 | 11:00 WIB

 

Intisari-Online.com – Anda tahu stetoskop?

Stetoskop adalah salah satu alat yang sering digunakan dokter. Fungsinya untuk memeriksa tubuh kita.

Sering kali alat ini berada di saku jas dokter dan digunakan saat dokter melakukan kunjungan ke kamar pasien atau setiap memeriksa pasien.

Tapi tiba-tiba para peneliti berpikir, rumah sakit penuh dengan orang sakit dan orang sakit sangat mungkin sedang ‘digandrungi’ virus, kuman, dan bakteri.

Baca Juga : Inilah Penyebab Sebenarnya Jalan Gubeng Surabaya Ambles 50 Meter

Sehingga, mungkinkah stetoskop yang digunakan untuk satu pasien ke pasien lainnya penuh dengan kuman?

Dilansir dari health.com pada Rabu (19/12/2018), infeksi, kuman, atau virus ditularkan dari orang ke orang dan merupakan masalah serius.

Dan sebuah studi baru menunjukkan satu kemungkinan penyakit yang mungkin ditularkan kepada pasien lainnya adalah melalui stetoskop.

Menurut analisis 40 stetoskop yang digunakan di rumah sakit, alat dokter vital ini biasanya penuh dengan bakteri, termasuk beberapa bakteri yang berbahaya.

Studi ini dipublikasikan dalam Infection Control & Hospital Epidemiology dan dilakukan di Universitas Pennsylvania Perelman School of Medicine.

Para peneliti menggunakan sekuensing molekuler untuk menentukan susunan bakteri di permukaan 20 stetoskop yang sering digunakan dan 20 stetoskop sekali pakai yang saat ini digunakan di unit perawatan intensif rumah sakit.

Mereka juga menganalisis 10 stetoskop yang tidak digunakan.

“Hasilnya cukup mengejutkan,” kata penulis utama studi, Ronald Collman, MD, profesor kedokteran, paru, alergi, dan perawatan kritis di universitas.

Baca Juga : Batuk, Demam, hingga Pusing, Ini 7 Gejala Pneumonia, Jangan Dianggap Remeh Ya!