Find Us On Social Media :

Breaking News: Mantan Presiden AS George Bush Meninggal Dunia

By Ade Sulaeman, Sabtu, 1 Desember 2018 | 12:54 WIB

Intisari-Online.com - George Herbert Walker Bush atau biasa dikenal dengan George HW Bush atau George Bush saja, presiden yang mengatur akhir Perang Dingin dan membentuk koalisi global untuk mengusir pasukan Irak dari Kuwait, telah meninggal pada usia 94 tahun.

Dalam karir politik yang membentang selam tiga dekade, ia kehilangan peluangnya untuk memimpin AS selama dua periode namun hidup untuk melihat putranya memenangkan menjadi Presiden AS.

Kematian Bush, yang dijuluki "41" untuk membedakan dirinya dari putranya George W. Bush ("43"), diumumkan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Jumat malam.

"Jeb, Neil, Marvin, Doro, dan saya sedih untuk mengumumkan bahwa setelah 94 tahun yang luar biasa, Ayah kami tercinta telah meninggal," putranya, mantan Presiden George W. Bush, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara keluarga, Jim McGrath.

Baca Juga : Barbara Bush, Istri sekaligus Ibu dari Presiden AS Meninggal Dunia

"George HW Bush adalah seorang pria dengan karakter tertinggi dan ayah terbaik yang dapat diminta oleh seorang putra atau putri. Seluruh keluarga Bush sangat bersyukur atas kehidupan dan cintanya, atas belas kasih mereka yang telah peduli dan berdoa untuk Ayah, dan atas ucapan belasungkawa dari teman-teman dan sesama warga."

Kematian Bush terjadi hanya beberapa bulan setelah istrinya meninggal di usia 73 tahun, Barbara.

Mantan ibu negara pertama meninggal pada bulan April.

Bush marah pada istilah "dinasti," tetapi keluarganya mendefinisikan istilah itu.

Baca Juga : Demi Tunjukkan Semangat Bushido, Jenderal Jepang Ini Nekat Lancarkan Kamikaze Meski Perang Telah Usai

Dia adalah putra seorang senator, Prescott Bush dari Connecticut, dan ayah dari Jeb Bush (gubernur Florida) dan George W. Bush, gubernur Texas yang kemudian memenangkan dua masa jabatan sebagai presiden.

Hanya keluarga pendiri Adams, John dan John Quincy, yang juga dapat mewarisi 'dinasti' presiden AS.

Bush tua memasuki Oval Office dengan resume politik terpanjang dari presiden manapun di zaman modern: anggota kongres, Duta Besar PBB, Ketua nasional partai Republik, penghubung AS ke China hingga Direktur CIA.