Find Us On Social Media :

Beginilah Potret Memprihatinkan Desa Miskin di Dunia yang Bahkan Toilet Saja Langka

By Masrurroh Ummu Kulsum, Selasa, 20 Maret 2018 | 14:45 WIB

Intisari-Online.com – Gambar-gambar berikut diambil oleh Andera Bruce yang  menjadi pemenang dokumentasi isu sensitif tentang buang air besar sembarangan.

Isu ini mempengaruhi setidaknya 1,1 miliar orang termiskin di dunia.

Salah satu masalah terbesar soal sanitasi tentu saja terkait kemiskinan dan kesehatan global.

Isu tentang buang air besar sembarangan selama ini sulit untuk didokumentasikan secara visual.

BACA JUGA: 

BACA JUGA: 

Namun Fotografer Andrea Bruce, akhirnya menyetujui proyek mengenai hal tersebut untuk mendokumentasikan isu yang sangat sensitif dan penting.

Hasil foto dari proyek yang digagas oleh National Geographic itu akhirnya dipilih sebagai pemenang pertama dalam ajang bergengsi Pictures of the Year awards.

Bruce mengambil dokumentasinya di negara India, Haiti, dan Vietnam.

Menurut Unicef, dari 524 juta orang India, 1 juta anak usia di bawah lima tahun diperkirakan meninggal dunia setiap tahun akibat penyakit diare karena buruknya sanitasi.

"Semakin saya menelitinya, semakin saya menyadari betapa besar jumlah penduduk dunia yang tinggal di limbah dan tanpa air bersih," ujarnya dilansir dari The Guardian.

"Lebih banyak orang meninggal karena masalah kesehatan terkait sanitasi setiap hari, daripada malaria, HIV, dan lima penyakit teratas yang digabungkan," tambahnya.

Bruce memulai menjalankan proyeknya di sebuah desa miskin di India di mana sebelumnya dirinya pernah bekerja di sana dan telah akrab dengan kehidupan warganya.