Find Us On Social Media :

10 Makanan Kaya Kromium Ini Membantu Kita Melindungi Kerusakan Kromosom DNA dan Kesehatan Jantung

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 6 Maret 2018 | 17:15 WIB

Intisari-Online.com – Kromium adalah mineral yang mungkin tidak kita sadari. Ini adalah jenis mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk fungsi sistem yang tepat.

Kromium memainkan peran penting dalam produktivitas insulin yang memungkinkan tubuh menyeimbangkan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mineral ini dapat membantu melindungi kromosom DNA dari kerusakan dan juga membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Kromium juga dikenal dapat meningkatkan manajemen berat badan dan kesehatan otak.

Ada dua jenis kromium, menurut National Institute of Health. Salah satunya trivalen (kromium 3+), yang terutama ditemukan pada makanan, dan lainnya adalah heksavalen (kromium 6+), yang dianggap beracun, digunakan dalam aplikasi industri.

(Baca juga: Alami Delesi Kromosom 6, Olivia Farnsworth Tak Merasa Sakit Meski Tertabrak Mobil Hingga Terseret)

Kromium secara alami terdapat dalam makanan, orang dewasa pri berusia 19 – 50 tahun harus memiliki 35 mikrogram dan wanita 25 mikrogram.

Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan kelelahan, tulang lemah, kesehatan kulit yang buruk, kesehatan mata yang buruk, ingatan yang buruk, dll.

Berikut ini adalah makanan yang kaya akan kromium, seperti dilansir dari boldsky.com.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan sehat yang juga kaya akan kromium. Sayuran ini mengandung vitamin A, kalsium, vitamin C , vitamin B6, dan magnesium. Untuk meningkatkan asupan kromium, brokoli sebaiknya dikukus atau ditumis.

Jagung

Jagung adalah sumber alami kromium. Juga mengandung vitamin dan mineral lainnya seperti zat besi, vitamin B6, dan magnesium.