Find Us On Social Media :

Sebenarnya, Seperti Apa Karakter Orang-orang yang Kerap Berkomentar di Berita Online?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 5 Maret 2018 | 18:45 WIB

Intisari-Online.com - Para peneliti di Australia sedang melakukan riset kepribadian untuk mengetahui karakter orang-orang yang kerap berkomentar di berita online

Dosen jurnalistik Dr. Renee Barnes dan ahli psikologi Prof. Doug Mahar dari University of the Sunshine Coast, meneliti responden yang secara rutin membaca berita online, kemudian berkomentar.

Penelitian ini sendiri dimaksudkan untuk menentukan tipe kepribadian seperti apa yang percaya, pendapat mereka atas berita yang mereka baca sangat perlu untuk dikemukakan.

Sebagai bagian dari penelitian, responden akan ditanyakan seberapa sering mereka mengunjungi website berita, dan faktor apa saja yang membuat mereka berkomentar atas berita-berita online tersebut.

(Baca juga: Tersebar Video Siswa Dilempar Kursi dan Dihajar, Kepala Sekolah Akhirnya Memberikan Komentarnya)

Setelahnya, peneliti akan mengecek komentar-komentar yang diberikan oleh responden. 

Perang komentar

Dr. Barnes mengemukakan, sejumlah faktor mendorong orang untuk berkomentar atas berita, atau terlibat dalam "perang komentar" dengan pembaca lainnya.

"Bagi yang tidak biasa memberikan komentarnya, biasanya mereka akan cenderung berkomentar jika sesuatu dalam berita yang mereka baca betul-betul menyentuh mereka," ujarnya.

Meski begitu, ada pula yang berkomentar karena terdorong oleh komentar sebelumnya.  

Dr. Barnes menjelaskan, proses penelitian terhadap komentar seseorang ini selanjutnya bisa dihubungkan dengan tipe kepribadian tertentu.

"Misalnya, seseorang yang di dunia nyata memiliki kepribadian tertutup, mungkin benar-benar menikmati internaksi sosial secara online karena faktor anonim," jelasnya.

Prof. Mahar menambahkan, riset terdahulu menunjukkan, karakter orang-orang yang kerap berkomentar di berita online umumnya berasal dari tipe kepribadian extraversionneuroticism, dan juga tipe narsis.

(Baca juga: Menurut Para Ahli, Warna Pakaian Anda Ternyata Mengungkapkan Kepribadian, Lo!)