Find Us On Social Media :

Blunder! Ingin Sembuh dengan Transplantasi, Kondisi Wanita ini Malah Makin Parah Setelah Mendapatkan Ginjal dari Perokok Berat

By Masrurroh Ummu Kulsum, Senin, 5 Maret 2018 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com - Malang nasib wanita bernama Janice Richardson ini.

Wanita berusia 55 tahun ini harus selalu melakukan cuci darah seumur hidupnya.

Semua ini bermula pada bulan Oktober 2013 silam.

Saat itu, Janice menerima transplantasi ginjal dari seorang pasien yang telah meninggal dunia.

(Baca juga: )

(Baca juga: (Foto) Berhati Emas, Orang-orang Ini Melakukan Apa pun untuk Membantu Orang Lain, Salah Satunya Mendonorkan Ginjalnya)

Masalahnya Janice tidak tahu sejarah medis dari orang yang ginjalnya ia terima itu. Dia baru mengetahui ginjal tersebut bermasalah beberapa bulan kemudian.

Diketahui pasien yang ginjalnya akan ia gunakan untuk transplantasi adalah seorang perokok berat.

Akibatnya ginjal tersebut berfungsi tidak lebih dari 15% dan delapan bulan pasca transplantasi setelah pemindaian MRI menunjukkan ada batu di dalamnya dan penyempitan arteri.

Seandainya waktu itu Janice mengetahui bahwa pendonor menderita kegemukan dan tekanan darah tinggi, wanita asal West Yorkshire, Inggris ini mengaku pasti akan menolaknya.

Janice semakin menyesal setelah ia ingat bahwa ketika ia menerima donor tersebut, dua temannya telah bersedia juga mendonorkan ginjal mereka untuknya.

Tentu Janice pasti akan lebih memilih donor dari salah satu temannya.

"Sebelum saya memutuskan menerima donor tersebut, pihak rumah sakit mengatakan mereka memiliki solusi yang bagus, sehingga saya melakukan operasi," ujarnya dilansir dari dailymail.co.uk.