Find Us On Social Media :

Bukan dari Daratan, Perang Vietnam yang Membuat Militer AS Hancur Lebur Ternyata Dipicu dari Lautan

By Moh Habib Asyhad, Senin, 26 Februari 2018 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com - Tatkala krisis Teluk Tonkin di Perairan Vietnam mulai bergejolak pada Agustus 1964, tidak ada yang menduga jika krisis di lautan itu menjadi biang keladi Perang Vietnam yang berdarah-darah.

Pada awalnya, AS secara diam-diam berusaha membendung pengaruh komunis Vietnam Utara yang mulai merembes ke wilayah Vietnam Selatan.

Kapal-kapal perang seperti detroyer (kapal perusak) USS Maddox pun diturunkan ke Perairan Teluk Tonkin dan bertugas sebagai kapal mata-mata bagi Vietnam Utara.

Tak hanya menurunkan kapal besar, kapal-kapal cepat bersenjata torpedo, Patrol Torpeda Fast (PTF), buatan Norwegia yang kemudian diserahkan kepada Angkatan Laut Vietnam Selatan pun turut berpatroli.

Seperti dikehendaki AS dan tanpa disuruh, kapal-kapal PTF Vietnam Selatan itu mulai melancarkan serangan.

(Baca juga: Selamatkan Puluhan Nyawa saat Perang Vietnam, Veteran Ini Diganjar Penghargaan Tertinggi Militer AS)

Caranya dengan membombardir radar milik Vietnam Utara dan sekaligus menurunkan pasukan komando untuk melancarkan serangan sabotase.

Pemerintah Vietnam Utara langsung menuduh serangan itu pasti didalangi AS.

Akibatnya Krisis Teluk Tonkin makin memanas dan Presiden AS saat itu, Lyndon B Johnson, segera memerintahkan lebih banyak lagi kapal perang AS untuk berpatroli di sepanjang perairan Vietnam Utara.

Operasi yang dinamai Desoto Patrol itu melibatkan sejumlah kapal destroyer yang bertugas melancarkan operasi intelijen di perairan yang menghubungkan poros komunis Soviet, China, Korea Utara, dan Vietnam Utara.

Pada Agustus 1964, destroyer USS Maddox (DD731) yang dikomandani oleh Kapten John J. Herrick yang sedang bertugas di Teluk Tonkin tiba-tiba diserang kapal-kapal PTF Vietnam Utara.

Tiga unit kapal PTF Vietnam Utara buatan Soviet (P-4) yang dipersenjatai torpedo tiba-tiba bergerak cepat menuju USS Maddox.

(Baca juga: Kecanduan Tato, Pria Ini Menato Seluruh Tubuhnya dengan Tinta Hitam Hingga Bola Mata dan Bagian dalam Mulutnya)