Find Us On Social Media :

Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis Tidak Ada Bedanya, Keduanya Efektif Membakar Kalori

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 18 Februari 2018 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com – Saat musim panas atau musim hujan, rasanya menyegarkan sekali meneguk segelas air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Jeruk nipis, salah satu  buah yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Jeruk nipis dan lemon merupakan 2 spesies yang berbeda.

Jeruk nipis biasanya lebih kecil dari lemon, dan airnya memiliki rasa yang kuat dan lebih asam dari air jeruk lemon. Tapi pada dasarnya keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Jeruk nipis, secara ilmiah dikenal sebagai Citrus aurantifoliaa merupakan buah asli Asia Tenggara yang dibawa ke Eropa dari India oleh orang Arab.

Sejak itu menyebar ke seluruh dunia, yang paling umum dibudidayakan dari spesies jeruk asam.

(Baca juga: Benarkah Tidak Boleh Minum Air Jeruk Ketika Batuk?)

Pengguna pertama yang mengambil manfaat kesehatan jeruk ini adalah para pelaut yang membawanya untuk menghindari penyakit kudis selama perjalanan panjang.

Berikut ini beberapa manfaat lain terkait penggunaan jeruk lemon atau jeruk nipis bagi kesehatan tubuh.

Mana yang lebih baik? Jeruk nipis atau lemon?

(Baca juga: Bahagia Mana, Beli Barang atau Liburan?)

Jeruk nipis memiliki daging lebih padat daripada sebuah jeruk lemon.

Nutrisi lemon tidak banyak berbeda dari jeruk nipis. Keduanya merupakan sumber vitamin C, B6, kalium, dan flavonoid. Lemon memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk nipis tetapi kurang vitamin A dan zat besi.

Tambahkan jeruk nipis pada menu diet Anda untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan serta memberikan rasa berbeda, lebih ‘tajam’ pada makanan.

Tambahkan kucuran air jeruk lemon atau jeruk nipis dalam gelas minuman Anda, dan rasakan bedanya. (*)