Find Us On Social Media :

Kartu SIM dengan Nomor Cantik Seharga Mobil Mewah, Begitulah yang Terjadi di Irak

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 17 Februari 2018 | 20:30 WIB

Intisari-Online.com - Dulu di Indonesia pernah booming soal kartu SIM dengan nomor cantik, meski sekarang sudah tidak.

Tapi di Irak, fenomena itu masih terjadi.

Tak tanggung-tanggung, para penggemar nomor cantik di Irak rela menggelontorkan uang ratusan juta rupiah demi sebuah SIM card kecil yang tersemat di ponsel mereka.

Salah satu penjual nomor ponsel cantik di Irak yang bernama Haider Mohamed mengaku pernah menukar sebuah kartu SIM bernomor cantik dengan mobil Lexus seharga 60 ribu dolar AS (sekitar Rp810 juta).

Mengapa sebuah nomor ponsel cantik di negeri 1001 malam itu bisa sebanding dengan harga mobil mewah?

(Baca juga: Batas Pendaftaran 28 Februari, Ini Cara Cek Kartu SIM Lolos Registrasi Untuk Semua Operator)

“Angka adalah bahasa,” kata Mohamed, sang pemilik toko bernama World of Distinction yang menjual aneka nomor cantik.

“Nomor cantik memberi kesan tertentu tentang pemiliknya. Misalnya, bahwa ia berselera tinggi dan kaya raya sehingga menimbulkan rasa optimis dan prestise,” lanjut Mohamed, dilansir dari Washington Post, Sabtu (18/2).

Di Irak, nomor ponsel cantik digunakan sebagai alat untuk mendapat perhatian dari mitra bisnis kelas atas, koneksi yang baik dengan politisi, hingga menarik calon pasangan ke dalam hubungan asmara.

Pasaran kartu SIM dengan nomor cantik di Irak sebenarnya sudah mulai muncul sejak lebih dari satu dekade lalu.

Meski begitu, belakangan mulai naik daun kembali seiring dengan optimisme baru yang muncul setelah kekalahan ISIS di negeri tersebut.

Minat warga Irak terhadap nomor ponsel cantik demikian besarnya sehingga operator-operator seluler terbesar Irak pun ikut menawarkan nomor cantik masing-masing.

Salah satu operator seluler Irak, Zain, misalnya, memberikan beberapa pilihan paket kartu SIM yang dibedakan berdasar kombinasi nomor dan harga.