Find Us On Social Media :

Sejajar dengan Presiden China, Bintang India Aamir Khan Dapat Panggilan ‘Paman’ di Negara Ini

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 11 Februari 2018 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com - Dalam pertempuran mendapat hati dan pikiran orang China, Aamir Khan adalah pemenang yang tak tertandingi di India.

Film terakhirnya, Secret Superstar, telah membuat box office China meledak.

Dan oleh sebab itu, Aamir sekarang mendapat gelar “Paman Aamir” di media sosial China.

Panggilan itu membuat Aamir memasuki ruang langka, yang hanya diperuntukkan untuk orang-orang penting seperti presiden Xi Jinping, dalam kesadaran kolektif China.

(Baca juga: Inilah "Phunsukh Wangdu" Asli, Insinyur Jenius yang Menginpirasi Peran Aamir Khan dalam 3 Idiots)

Aamir bukan nama asing bagi masyarakat China. Perselingkuhannya dengan Negeri Tirai Bambu dimulai dengan Lagaan yang rilis pertama pada 2001 lalu.

Film ini bercerita tentang perlawanan sebuah desa terhadap Pemerintah Kolonial Inggris melalui olahraga, tepatnya kriket.

Tawaran selanjutnya dari Aamir adalah 3 Idiot, yang bercerita tentang penentangan sekelompok anak muda terhadap tekanan orangtua dan institusi pendidikan untuk mewujudkan cita-citanya.

Dan puncak dari pengaruh Aamir di China adalah ketika Dangal tayang.

Meski begitu, Secret Superstar—yang secara sensitif menggambarkan aspirasi seorang penyanyi muslim di India di abad digital ini—adalah yang paling meledak.

Film ini memecahkan semua rekor film Aamir Khan di China sebelumnya.

(Baca juga: Bukan Bawaan Lahir, 10 Foto Ini Buktikan bahwa Cantik dan Tampan adalah Sebuah Proses)

Di China film ini telah menghasilkan uang sebesar 46 juta dolar AS (sekitar Rp630 miliar) dalam seminggu rilis, membayangi pendapatkan Avatar-nya James Cameron.