Find Us On Social Media :

Dari Julius Caesar Sampai Perang Vietnam, Inilah 8 Perang Sipil yang Mengubah Sejarah Umat Manusia

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 4 Februari 2018 | 19:30 WIB

Intisari-Online.com - Perang Sipil alias Perang Saudara kerap menjadi konflik paling berdarah.

Tapi, lebih dari itu, Perang Sipil juga sukses mengubah bentuk sejarah dunia menjadi seperti yang kita kenal sekarang ini.

Setidaknya ada 8 Perang Sipil yang paling berpengaruh:

Perang Saudara zaman Julius Caesar

Pada 94 SM, Julius Caesar adalah salah satu orang paling kuat di dunia. Ia berhasil menaklukkan Gaul, dan begitu dicintai oleh prajurit yang berperang untuknya.

Persaingan antara dirinya dan para pemimpin Romawi lainnya menyebabkan Caesar secara ilegal membawa pasukannya menyebrangi Sungai Rubicon menuju jantung wilayah Romawi. Perang Saudaran pun terjadi.

(Baca juga: Battle of Somme, Perang Mengerikan Bagi Inggris, Hanya Dalam Satu Hari 30.000 Tentara Tewas Sia-sia)

Ini adalah perang antara dua kubu pasukan yang bersenjatakan pedang, tombak, perisai, dan didukung oleh orang-orang lokal.

Caesar membutuhkan waktu lima tahun untuk menghancurkan tentara Senat, yang dipimpin teman lamanya, Pompey.

Ini adalah perang, yang secara efektif, mengakhiri masa Republik Romawi, dan melahirkan sebuah Imperium yang dipimpin oleh raja turun-temurun.

Kerajaan ini menguasai hampir separuh wilayah Eropa, dan sukses menyebarkan bahasa, hukum, dan teknologi Romawi ke wilayah-wilayah tersebut.

Perang Sipil di Inggris

Perang Sipil di Inggris terjadi beberapa kali dalam kurun waktu antara 1642 hingga 1651. Perang ini adalah titik didih dari Perang Sipil yang terjadi di Barat.