Find Us On Social Media :

Nyatanya, Banyak Kepercayaan Mistik yang Selalu Mewarnai Tugas dan Operasional TNI

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 31 Januari 2018 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com - Dalam perjalanan sejarahnya kepercayaan pada dunia mistik masih mempengaruhi aktivitas dan kegiatan prajurit TNI, baik dalam kondisi perang maupun nonperang.

Dalam misi tempur di Timor-Timur (Timor Leste, 1975) misalnya, para prajurit dari Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang sedang bertempur melawan mantan bekas pasukan khusus Portugis (Tropas) dilarang mengambil barang milik musuh yang sudah gugur.

Meski begitu, senjata yang ditinggalkan musuh tetap diambil dan diamankan agar tidak jatuh ke tangan musuh lagi.

Ada anggapan, jika nekad mengambil barang-barang milik musuh konon prajurit bersangkutan kemungkinan tertembak juga tinggi.

(Baca juga: Batu Akik Mineral Silika yang Dililit Mistik: Akik Imitasi dari Plastik)

Sebenarnya prinsip mengambil barang milik musuh yang sudah tak berdaya ini juga terjadi di era Perang Kemerdekaan RI (1948).

Namun karena di zaman itu para pasukan RI masih banyak mengalami kekurangan, barang-barang milik musuh seperti baju, celana, dan sepatu, pu terpaksa diambil.

Setelah dipakai oleh para gerilyawan RI ya malah tampak lucu dan kedodoran.

Di zaman merdeka seperti sekarang ini kepercayaan mistik yang beredar kalangan prajurit TNI tetap ada.

Misalnya, setiap pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) baru selalu dilakukan acara memecah kendi berisi air dan bunga tujuh rupa.

Tujuannya agar semua alutsista yang dioperasikan selalu dalam kondisi “aman dan selamat”.

Di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, yang merupakan sarangnya skuadron-skuadron jet tempur TNI AU, setiap tahun juga diadakan ritual tertentu agar semua operasional Lanud Iswahyudi berjalan lancar dan aman.

Menurut Marsda TNI Joko Poerwoko yang pernah menjabat Lanud Iswayudi (2002), Lanud pernah mengalami musibah dua jet tempur jatuh sekaligus karena bersenggolan di udara.