Find Us On Social Media :

Hentikan Scrubbing Wajah Setiap Hari Agar Wajah Anda Tidak Semakin Bermasalah

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 30 Januari 2018 | 19:30 WIB

Intisari-Online.com – Karena cenderung berjerawat, maka saya sering mencuci wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang mengandung scrub.

Bolehkah mencuci wajah menggunakan scrub setiap hari?

“Dulu scrubbing hanya dilakukan sesekali. Tapi kini zaman sudah berubah. Melakukan scrubbing bisa kapan saja dan dilakukan di rumah dengan produk yang bisa dipilih,” jelas dr. Astried Mahendri – dokter di Beautique Clinic, Pakubuwono, Jakarta Selatan

Selain bertujuan untuk membantu meluruhkan sel mati penyebab kulit terlihat kering dan kusam, scrubbing juga untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Scrub untuk wajah jauh lebih lembut dibandingkan scrub untuk kulit tubuh, karena kulit wajah lebih halus dan sensitif.

(Baca juga: Selama 24 Tahun, Tubuh Pria Ini Sangat Kaku Seperti Kayu Bahkan Pernah Mati Suri Tiga Kali)

(Baca juga: Jangan Pernah Lagi Makan Nasi Bersama Mi Instan, Akibatnya Bisa Sangat Berbahaya!)

Scrub untuk wajah mempunyai beberapa manfaat, yaitu: mengurangi produksi minyak yang berlebihan dengan mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga kulit menjadi lebih bersih; membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya dengan memperbaiki sirkulasi darah  dan memperbarui sel-sel kulit; serta mengencangkan kulit wajah dan mencegah penuaan kulit.

Fungsi scrubbing adalah untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang fungsinya membantu mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan seperti lotion, pelembap, body butter, dan lain-lain.

Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

Sebenarnya setiap 14-28 hari kulit melakukan regenerasi secara alami.

Namun, seiring dengan  bertambahnya usia, apalagi ditambah dengan gaya hidup yang tak bersahabat bagi kulit sehat (seperti terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi  alkohol, merokok, sering lembur atau begadang) membuat regerasi sel kulit tidak optimal.

(Baca juga: Operasi Babilon, Serangan Udara Israel Paling Spektakuler yang Sukses Menghancurkan Reaktor Nuklir Irak)