Find Us On Social Media :

Via Vallen, Nella Kharisma, dan Dangdut Koplo yang Kian Berjaya Pascatumbangnya Soeharto

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 24 Januari 2018 | 14:45 WIB

Intisari-Online.com - Siapa bintang dangdut koplo paling mentereng kali ini?

Tak lain dan tak bukan, jawaban kita akan langsung tertuju pada duo Jawa Timur: Via Vallen dan Nella Kharisma.

Lagu-lagu yang dibawakan oleh dua perempuan berkulit langsat itu laris diputar di mana-mana. Seturut dengan itu, uang yang dihasilkan keduanya pun kian menggila.

Dari hitung-hitungan tim Intisari-Online, video Jaran Goyang Nella Kharismadi YouTube saja (per 22 Januari 2018 sudah ditonton 128.659.894 kali) setidaknya sudah menghasilkan uang sekitar Rp1,7 miliar.

Sementara video Sayang-nya Via Vallen, yang ditonton lebih dari 125 juta kali, setidaknya menghasilkan uang sekitar Rp1,6 miliar.

Itu baru satu video, belum lagi video-video yang lain yang tak kalah populernya.

(Baca juga: Video Sayang Via Vallen vs Jaran Goyang Nella Kharisma, Pendapatan Keduanya Bikin Melongo)

(Baca juga: Ternyata, Lagu 'Jaran Goyang' yang Melambungkan Nama Nella Kharisma Terinspirasi dari Kisah Ini!)

Berkibarnya karier dua biduan dari Jawa Timur ini rasanya bukan kebetulan belaka. Jika kita cermat, genre musik ini bisa dibilang sebagai ajang ngetopnya penyanyi-penyanyi dari Jawa Timur.

Tentu kita belum lupa dengan Inul Daratista (Ainur Rokhimah), Dewi Perssik, Uut Permatasari, Ratna Antika, Lusiana Safara, dan tentu saja grup Trio Macan.

Tak hanya di tingkat Jawa Timur, mereka bahkan sukses berkarier di Ibukota—pun begitu dengan dangdut koplo yang membesarkan nama mereka.

Dangdut koplo, tak ada yang tahu persis kapan musik ini lahir.

Soal asal-usulnya tak jelas, sastrawan Mahfud Ikhwan punya pendapatnya sendiri, seperti ditulis dalam catatan Facebook-nya berjudul “Kepikiran Dangdut (Koplo): Renungan di Bus Antarkota”—yang kemudian dianggit ke situs musik Warningmagz.com dengan judul yang sama.