Find Us On Social Media :

Mengundurkan Waktu Haid Agar Umrah Lancar, Bagaimana Caranya?

By Yoyok Prima Maulana, Minggu, 21 Januari 2018 | 11:00 WIB

Intisari-online.com - Artikel ini diangkat dari tulisan Dr. Sofyan Gozali yang pernah dimuat di Majalah Intisari.

Menantu saya telah dipastikan berangkat umroh minggu terakhir Januari 2014 lalu. Namun, dua minggu menjelang berangkat dia menanyakan bagaimana caranya mengundurkan datangnya haid.

Menantu saya memperkirakan bahwa dia akan mendapatkan haid ketika sedang umroh.  Jika haid saat umroh maka otomatis tidak bisa beribadah.

Apakah bisa mengundurkan datangnya haid?

BACA JUGA: 

Walau saya pada 1980-an sampai 1990-an berkesempatan menjadi dokter kesehatan haji, namun ini bukan spesialisasi saya, ini adalah ranah dokter ahli kebidanan dan kandungan. Tetapi, pertanyaan ini sering diajukan banyak jamaah haji.

Di negara-negara barat, usaha mengundurkan haid bertujuan agar wanita yang sedang berbulan madu tidak terganggu datang bulan. Ada dua langkah untuk mengundurkan waktu haid.

Langkah pertama adalah secara alamiah yaitu dengan antara lain berolahraga secara teratur dan pantang makan makanan tertentu.  Langkah ini memerlukan waktu yang cukup lama dan belum pasti berhasil.

Langkah kedua adalah intervensi medis. Dalam hal ini dengan obat obatan. Obat jenis pertama adalah pil anti hamil.

BACA JUGA:

Segala macam pil anti hamil dapat digunakan. Hanya saja tidak praktis.  Cara ini memerlukan waktu lebih kurang 12 minggu agar tujuan tercapai.

Tetapi, dengan menggunakan pil antihamil tidak 100% mulus. Selama masa pengunduran haid sering muncul spoting, yakni bercak darah yang bisa terlihat pada celana dalam wanita

Bagi mereka yang sedang umroh maka hal ini bisa dianggap haid.