Find Us On Social Media :

Bentuk Hewan Ini Sangat Aneh, Tapi Jangan Terkecoh! Sebab Ia Adalah Pembunuh Berdarah Dingin, Hewan Apakah Dia Sebenarnya?

By Mentari DP, Minggu, 14 Januari 2018 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com – Perkenalkan, hewan ini bernama Pelican Spiders atau sering disebut laba-laba pelikan.

Dari jauh, penampilan laba-laba ini seperti serabut. Namun jangan tertipu, sebab mereka adalah pembunuh berdarah dingin!

Hewan ini hidup sejak 165 juta tahun yang lalu. Ukurannya kira-kira seukuran sebutir beras dan tidak mengeluarkan suara.

Laba-laba pelikan ini berjingkat di bawah dedaunan di daerah berdaun di dunia untuk mencari mangsa. Lalu menusuknya dengan penjepitnya, di mana penjepitnya berada di ujung lehernya yang panjang.

(Baca juga: Selain Ngengat Creatonotos Gangis dari Kebumen, Inilah 5 Spesies Hewan yang Bentuknya Aneh)

(Baca juga: Hi, Gara-gara Wujudnya yang Menyeramkan, Hewan Ini Dijuluki 'Serangga Setan'. Siapakah Dia Sebenarnya?)

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan pada Kamis (11/1/2018) di jurnal ZooKeys, laba-laba pelikan ini masih ada sampai sekarang. Bahkan jauh lebih beragam daripada sebelumnya.

“Setidaknya ada 26 spesies laba-laba pelikan yang masih ada di sekitar Madagaskar, Afrika Selatan, dan Australia," kata Hannah Wood, penulis studi kepada livescience.com.

“Namun 18 spesies lainnya belum pernah pernah dijelaskan atau didokumentasikan.”

Wood dan rekannya, Nikolaj Scharff, dari University of Copenhagen di Denmark, selama bertahun-tahun telah mengumpulkan data tentang laba-laba pelikan dari Madagaskar dan mempelajarinya.

Namun laba-laba pelikan sangat misterius.

Saat tidak berburu, laba-laba itu sering melipat penjepitnya yang aneh, yang disebut chelicerae, menempelkannya pada leher panjangnya.

Akibatnya, laba-laba pelikan terlihat lebih mirip burung daripada laba-laba.