Find Us On Social Media :

Studi: Tanpa Kita Sadari Hidung Kita dapat Mendeteksi 'Kematian' Melalui Aroma

By Masrurroh Ummu Kulsum, Sabtu, 13 Januari 2018 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com — Banyak dokter dan perawat melaporkan komentar yang telah dibuat oleh pasien mereka sebelum meninggal bahwa waktu mereka telah dekat.

Banyak juga dari kita telah melihat seorang teman atau anggota keluarga yang tampaknya memiliki indra keenam, tiba-tiba berusaha menyelesaikan urusan mereka sesaat sebelum wafat.

Pertanyaannya, apakah mereka mengambil tindakan ini karena mereka sadar akan kematian mereka yang akan segera terjadi, atau hanya kebetulan?

Sebuah studi dilakukan oleh Arnaud Wisman ahli psikologi di Arkansas Tech University dan dipubliksikan tahun 2015 lalu menunjukkan bukti kuat mereka dapat tahu bahaya melalui aroma.

BACA JUGA: 

Saat tubuh mati dan rusak ada senyawa yang dilepaskan disebut putresin, aroma busuk ini merupakan hasil proses dekomposisi.

Secara sadar, pikiran manusia mungkin tidak mengenali aroma itu, namun mengkoneksi akal bawah sadar mengenali bau ini dan memicu respons segera.

Wisman dan Shrira melakukan serangkaian empat eksperimen berbeda, masing-masing menggunakan putreskrin, amonia, dan air.

Peserta studi terpapar bahan kimia, reaksi hidungnya terhadap aroma dicatat.

BACA JUGA:

Saat terkena putresin, tanggapan langsungnya adalah menjauh dari area tersebut.

Para peserta tidak mengenali aroma tersebut, mereka juga tidak sadar dan menanggapi dengan cara yang negatif.