Find Us On Social Media :

Hati-hati, Terlalu Bahagia Juga Bisa Jadi Pemicu Penyakit Jantung, Ini Penjelasannya

By Tatik Ariyani, Selasa, 2 Januari 2018 | 14:15 WIB

Intisari-Online.com -  Penelitian baru menunjukkan terkadang, sebuah peristiwa yang sangat menyenangkan bisa membahayakan jantung, sebuah.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa emosi ekstrem seperti kesedihan, kemarahan dan ketakutan dapat memicu nyeri dada dan sesak napas, serangan jantung, gagal jantung dan bahkan kematian.

Dilansir dari cleveland19.com, kondisinya relatif jarang, dan para ahli menyebutnya sebagai takotsubo syndrome, atau broken heart syndrome (sindrom penyakit jantung yang disebabkan kesedihan).

Sindrom ini adalah hasil dari sebuah peristiwa dadakan, pelemahan sementara dari otot-otot jantung yang menyebabkan ventrikel kiri, ruang pemompaan utama jantung, hingga gelembung udara keluar di bagian bawah dan tidak memompa dengan baik.

BACA JUGA: 

Penelitian baru ini merupakan studi pertama yang menemukan bahwa sebagian kecil dari orang-orang ini dapat mengembangkan masalah jantung setelah kejadian bahagia.

Para peneliti menyebutnya happy heart syndrome (sindrom penyakit jantung yang disebabkan rasa senang).

Dokter perlu mempertimbangkan "pasien yang tiba di gawat darurat dengan tanda-tanda serangan jantung (seperti nyeri dada dan sesak napas) setelah kejadian bahagia, bisa jadi menderita takotsubo syndrome sama seperti seorang pasien serupa setelah kejadian emosional yang negatif, "kata Dr. Jelena Ghadri, kardiolog residen di University Hospital Zurich, di Swiss.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa peristiwa kehidupan yang bahagia dan menyedihkan mungkin memiliki jalur emosional serupa yang pada akhirnya dapat menyebabkan sindrom takotsubo.

BACA JUGA: 

Para peneliti menganalisis data dari 1.750 pasien di seluruh dunia yang didiagnosis dengan sindrom takotsubo.

Mereka menemukan bahwa ada pemicu emosional yang pasti pada 485 pasien.

Dari jumlah tersebut, 20 pasien (4%) mengembangkan sindrom ini setelah acara bahagia (seperti pesta ulang tahun, pernikahan, perayaan perpisahan yang mengejutkan, tim olahraga favorit yang memenangkan pertandingan, atau kelahiran cucu).