Find Us On Social Media :

Pesan Ratusan Pesawat Tempur Berteknologi Terbaru, Israel Siap Berperang Lawan Negara-negara Arab

By Ade Sulaeman, Jumat, 22 Desember 2017 | 13:15 WIB

Intisari-Online.com - Sebagai negara yang dikenal memiliki banyak musuh terutama dengan negara-negara Arab, Israel pun terus memperkuat militerya terutama angkatan udaranya, Israel Air Force (IAF).

Selama bertempur baik dengan negara-negara Arab maupun melawan para kelompok pejuang kemerdekaan Palestina keunggulan Israel memang terletak pada superioritas kekuatan udaranya.

Oleh karena itu setiap ada produk baru jet-jet tempur, khususya produksi AS seperti F-35 Lightning II, Israel akan membelinya dalam jumlah besar.

Israel sendiri telah memesan sebanyak 100 unit F-35 yang merupakan jet tempur bertekologi siluman (stealth) dan bisa dioperasikan di segala cuaca itu.

(Baca juga: Mustafa Tlass, Jenderal Suriah yang Menjagal Puluhan Tentara Israel Langsung dengan Tangannya Sendiri)

Selain F-35, Israel juga membeli jet tempur F-15 sebanyak 24 unit untuk memenuhi kekuatan satu skadron, membeli puluhan heli angkut jenis CH-53 dan CH-47 Chinook.

Khusus untuk F-15, AU Israel memang sudah lama ingin mengganti jajaran F-15 versi lama dengan varian baru terutama F-15 Adir yang telah di-upgrade.

Salah satu keunggulan F-15 Adir ini adalah pada pemasangan sistem radar canggih pencari sasaran, Advanced Active Electronically Scanned Array (AESA).

Kelebihan radar AESA terbaru adalah kemampuan mendeteksi sasaran pada jarak yang lebih jauh di atas 100 km.

Pasalnya pada jarak itu, F-15 Adir kemudian bisa merontokkan pesawat tempur lawan menggunakan rudal udara ke udara.

F-15 dikenal sebagai jet tempur yang sangat mematikan karena bisa mendeteksi sekitar 10 pesawat lawan sekaligus, mengucinya dengan radar pencari sasaran, lalu meluncurkan rudal sebanyak 10 rudal sekaligus untuk menghancurkannya.

Jadi satu F-15 tidak perlu kerepotan menghadapi puluhan pesawat lawan dalam duel udara (dogfight) mengingat kemampuannya menghancurkan puluhan jet tempur lawan berkat radar AESA canggihnya.