Find Us On Social Media :

60 Tahun Jadi Pasukan PBB Tunjukkan Indonesia Terus Memperjuangkan Perdamaian Timur Tengah

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 19 Desember 2017 | 14:45 WIB

Pasukan PBB Indonesia

Intisari-Online.com - Hingga tahun 2017 ini pasukan PBB Indonesia telah bertugas selama 60 tahun demi memperjuangkan perdamaian di dunia.

Bertugas sebagai pasukan PBB, bagi pasukan TNI dan Polri sebenarnya merupakan hal biasa serta  juga sudah cukup pengalaman.

Dari sisi sejarahnya Indonesia sudah memiliki pasukan PBB yang terkenal dengan nama Kontingen Garuda Indonesia (Konga).

(Baca juga: Meski Tergolong Tua, Inilah yang Membuat Jet Tempur F-14 Tomcat Iran Masih Tetap Berjaya di Udara Timur Tengah)

(Baca juga: Demi Terkuat di Eropa dan Timur Tengah, Turki Kembangkan Jet Tempur Siluman)

Pasukan PBB Indonesia ini bahkan sudah bertugas sejak tahun 1957 ketika Mesir dilanda konflik militer di wilayah perbatasannya.

Pengiriman misi Konga yang pertama kali dilakukan pada bulan Januari 1957.

Pengiriman misi Konga dilatarbelakangi adanya konflik di Timur Tengah terkait masalah nasionalisasi Terusan Suez yang dilakukan oleh Presiden Mesir Gamal  Abdel Nasser pada 26 Juli 1956. 

Nasionalisasi Terusan Suez langsung memicu konflik karena awalnya pengelolaan Terusan Suez adalah perusahaan Inggris dan Prancis bernama The Suez Company.

Akibatnya militer Inggris dan Prancis pun bertindak diikuti oleh militer Israel yang justru melancarkan serangan ke Mesir paling duluan.

Situasi di Mesir itu jelas mengancam perdamaian dunia karena militer Rusia mengancam juga akan turun tangan membantu Mesir.