Find Us On Social Media :

Melihat Harga Diri Bangsa Dari Toiletnya, Jepang Memang Bikin melongo

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 15 Desember 2017 | 21:00 WIB

Toilet di Jepang menggambarkan harga diri bangsanya.

Intisari-Online.com - Generasi tua kemungkinan besar pernah menyenandungkan lagu Sayonara. Anak-anak zaman kini banyak yang kadung cinta pada manga, bahkan belajar menggambar komik bergaya pop Jepang itu.

Para penggemar olahraga beladiri berlatih yudo, karate, atau taekwondo. Budaya Jepang sudah diadopsi oleh orang kita sampai-sampai sudah tak terasa lagi bahwa hal-hal, konsep atau benda-benda itu sebenarnya barang “impor” dari Negeri Matahari Terbit.

Seyogianya, kita tak perlu ragu meniru nilai-nilai yang memang baik. Macam semangat bushido, setia sampai mati, dari para samurai Jepang  yang mengagumkan itu.

BACA JUGA: 

Salah satu tempat Anda dapat menyaksikan bukti semangat kesetiakawanan orang Jepang adalah di toilet umum.

Sama sekali tidak ada aroma menyengat, lantai yang becek (dan kadang kala juga jorok), bangunan WC yang seadanya seperti di toilet umum di banyak tempat di Indonesia. Toilet di negara kita biasanya toilet jongkok.

Kalaupun ada toilet duduk, biasanya dudukannya sudah rusak karena terlalu sering dipergunakan untuk berjongkok, dan alat pengguyur (flush)-nya sudah tidak berfungsi.

Bagaimana orang-orang lanjut usia yang sudah sulit jongkok dapat melegakan dirinya dengan nyaman dan aman di situ, sepertinya tak ada yang peduli. Begitu pun para pengguna masih “diharuskan” membayar di meja yang tersedia.

Begitu duduk, tekan tombol

Di Jepang, kondisi toilet umum selalu bersih dan kering, tanpa aroma menyengat. Hampir semua toiletnya adalah toilet duduk.

Di sisi kanan dudukan, terdapat sebuah panel. Di situ ada beberapa tombol dengan ikon-ikon yang mudah dipahami maknanya. Satu untuk membersihkan diri setelah buang air kecil, satu lagi untuk buang air besar.

Kuatnya pancaran air ini dapat diatur. Satu adalah alat penyemprot udara hangat sebagai pengering. Ada pula tombol pengatur suhu air.  Pengatur suhu ini penting, terutama pada musim dingin, saat air sedingin es dan dudukan toilet juga terasa amat dingin.