Find Us On Social Media :

Rasi Bintang Unik: Dari Harry Potter Hingga Malala Yousafzai

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 15 Desember 2017 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com - Para astronom telah menciptakan delapan rasi bintang baru secara tidak resmi, yang mangadopsi citra selebritis seperti Usain Bolt, JK Rowling, dan Malala Yousafzai.

Rasi bintang dirancang untuk mendorong anak-anak melihat langit malam, 72 persen dari mereka yang berusia 7 hingga 19 tahun mengatakan bahwa mereka tidak pernah melihat langit malam untuk menemukan rasi bintang.

Seperti dilansir pada iflscience.com, proyek ini disebut Look Up To The Stars, dipimpin oleh University of Birmingham di Inggris bekerjasama dengan The Big Bang Fair.

Rasi bintang tersebut meliputi atlet Jamaika Usain Bolt yang melakukan tanda tangannya "petir", dan atlet Inggris Mo Farah melakukan "Mobot" yang terkenal.

Baca Juga:

Baca Juga:

Malala Yousafzai dari Pakistan, aktivis pendidikan wanita yang ditembak oleh seorang pria bersenjata pada tahun 2012 dan berusaha membunuhnya, digambarkan dengan sebuah buku, sementara wajah JK Rowling digambarkan dengan kacamata ikonik Harry Potter.

Sir David Attenborough digambarkan dengan seekor paus, Tim Peake dengan pesawat ruang angkasa (pesawat luar angkasa yang ia terbangkan dengan kapsul Soyuz), Sir Michael Bond dengan karyanya Paddington Bear, dan petenis Serena Williams diperlihatkan sedang menyervis bola.

Tim juga memberi arahan pada waktu terbaik untuk mengamati mereka dan di mana mencarinya, yang bisa Anda lihat di www.birmingham.ac.uk.

Seperti disebutkan, bentukan ini tidaklah resmi, hanya ada 88 rasi bintang yang diakui oleh International Astronomical Union (IAU). Tapi diharapkan mereka bisa mendorong anak-anak untuk keluar dan melihat bintang-bintang di langit malam.

"Melihat bintang adalah cara bagus untuk memicu ketertarikan anak-anak terhadap alam semesta dan mengilhami mereka untuk mencari tahu lebih banyak," kata Beth Elgood, Direktur Komunikasi di EngineeringUK penyelenggara The Big Bang Fair.

Baca Juga: 

Baca Juga: