Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Lebih Hemat, Makanan Rumah Juga Jauh Lebih Sehat Lo

By Ade Sulaeman, Kamis, 7 Desember 2017 | 17:45 WIB

Talkshow #ThePowerOFHomemadeFood

Menurut Sains, Inilah 4 Jenis Sarapan yang Ampuh Tingkatkan LibidoIntisari-Online.com--Yakinlah! Makanan rumah pasti jauh lebih sehat ketimbang makanan yang kita beli di luar.

Sebab dengan mengonsumsi masakan yang dimasak sendiri, kita dapat mengatur kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Seperti diketahui, makanan alias pola makan adalah satu faktor yang penting untuk hidup sehat. Karena itu makanan yang dimasak di rumah lebih direkomendasikan.

Survei dari National Health and Nutrition Examination menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi masakan rumah cenderung lebih sedikit karbohidrat, gula, dan lemak.

(Baca juga: Luar Biasa! Bermodal Satu Tangan, Mantan Nelayan Ini Borong 5 Emas dan Pecahkan 3 Rekor ASEAN)

"Pola makan yang sehat itu berarti memilih sumber makanan yang bergizi, mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang sesuai dengan kebutuhan tubuh," jelas dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, di Jakarta 

Selain itu, menurut Cindiawaty, tidak hanya bahan bakunya yang harus diperhatikan.

Sebaiknya juga mementingkan proses memasak makanan itu. Jangan sampai bahan bakunya sudah sehat, namun akhirnya sia-sia karena salah proses masak.

Contohnya, proses menggoreng yang menggunakan minyak yang berlebih. Penggunaan minyak yang banyak akan menambah jumlah kalori yang diasup.

Akibatnya risiko mengalami obesitas juga tinggi. Kalau obesitas terjadi, penyakit-penyakit lain seperti hipertensi, jantung, diabetes menanti.

Karena itu, lebih dianjurkan untuk memasak makanan dengan cara dikukus atau direbus. Upayakan untuk meminimalkan penggunaan minyak.