Find Us On Social Media :

Catatan Berusia 300 Tahun Ditemukan dalam Pantat Patung Yesus

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 1 Desember 2017 | 18:45 WIB

Ada catatan tersembunyi di pantat patung Yesus

Intisari-Online.com - Tukang yang memperbaiki patung Yesus Kristus abad ke-18 di Spanyol tentu saja kaget--sekaligus bahagia.

Bagaimana tidak, ia baru saja menemukan sebuah catatan historis yang ditulis tangan, yang tersembunyi di dalam pantat patung yang ia perbaiki itu.

Catatan itu, yang ditulis dengan hati-hati dalam kaligrafi dan berasal dari tahun 1777, disisipkan oleh seorang imam, laiknya kapsul waktu.

(Baca juga: Ni Nengah Widiasih: Kalau Gagal, Ya, Coba Lagi! Kalau Jatuh, Ya, Bangun Lagi!)

(Baca juga: Keren! Meski Punya Keterbatasan Fisik, Nur Ferry Berhasil Persembahkan 4 Emas Bagi Indonesia, Bahkan Memecahkan 3 Rekor)

Catatan ini berisi informasi penting tentang periode dan perincian soal hiburan yang populer saat itu, situasi ekonomi, masalah politik dan agama, orang-orang terkenal, dan topik-topik lainnya.

Dokumen tersebut ditandatangani oleh Joaquin Minguez, imam katedral Burgo de Osma saat itu, yang baru-baru ini digali oleh pekerja dari perusahaan restorasi Da Vinci Restauro.

Saat ini, patung yang terbuat dari kayu tersebut disimpan di gereja Santa Agueda di desa Sotilla de la Ribera di provinsi Burgos, Spanyol utara.

Domuken tersebut terdiri atas dua halaman, dan masing-masing halaman terlihat ditulis dengan sangat hati-hati.

Catatan tersebut ditemukan ketika tukang restorasi melepaskan sehelai kain yang digunakan untuk menutupi bagian belakang patung Yesus. Di situ ada celah kecil.

“Sungguh menakjubkan karena sangat unik untuk menemukan dokumen tulisan tangan tersembunyi di dalam patung semacam itu,” ujar sejarawan lokal Efren Arroyo yang terkejut dengan penemuan ini.